Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPS Bocorkan Penyebab Daya Beli Masyarakat Terjaga Dorong Ekonomi Tumbuh 5,44 Persen

BPS mencatat konsumsi rumah tangga merupakan sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi pada kuartal II/2022 yakni tumbuh sebesar 5,51 persen.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 05 Agustus 2022  |  14:46 WIB
BPS Bocorkan Penyebab Daya Beli Masyarakat Terjaga Dorong Ekonomi Tumbuh 5,44 Persen
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam rilis kinerja ekspor dan impor Februari 2022, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (15/3/2022). - BPS

Bisnis.com, JAKARTA — Kebijakan subsidi dan pelonggaran dari sisi moneter dinilai efektif mendorong perekonomian, khususnya dalam menjaga daya beli masyarakat di tengah ancaman inflasi yang tinggi pada kuartal II/2022. Kebijakan ini membawa ekonomi Indonesia tumbuh 5,44 persen year-on-year/yoy.

Dibandingkan dengan kuartal I/2022, pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua ini tumbuh sebesar 3,72 persen. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat konsumsi rumah tangga merupakan sumber pertumbuhan ekonomi tertinggi pada kuartal II/2022 yakni tumbuh sebesar 5,51 persen yoy.

Kepala BPS Margo Yuwono menyampaikan bahwa peningkatan konsumsi pada periode tersebut terutama didorong oleh naiknya permintaan sejalan dengan adanya momentum Ramadan dan Idulfitri.

Namun demikian, menurut Margo, kebijakan subsidi dan bantuan sosial, serta suku bunga yang tetap longgar cukup efektif dalam mengendalikan inflasi domestik, menjaga daya beli masyarakat, dan menjaga kondisi dunia usaha tetap kondusif.

“Dari kebijakan moneter, bank sentral masih mempertahankan suku bunga acuan di 3,5 persen, ini juga memberikan situasi yang kondusif bagi pelaku usaha sehingga seluruh aktivitas ekonomi masih berjalan bagus,” katanya dalam konferensi pers, Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut, Margo mengatakan perekonomian juga mendapatkan windfall dari harga komoditas unggulan Indonesia yang meningkat di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi Inflasi
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top