Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkeu Juga Lakukan Transformasi Digital, Ini Buktinya

Kemenkeu turut melakukan transformasi digital melalui berbagai investasi di bidang infrastruktur dan pembangunan sistem serta perubahan bisnis proses.
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memberikan keterangan dalam konferensi pers triwulanan KSSK di Jakarta, Senin (1/8/2022). Dok: Youtube Kemenkeu
Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memberikan keterangan dalam konferensi pers triwulanan KSSK di Jakarta, Senin (1/8/2022). Dok: Youtube Kemenkeu

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) turut melakukan transformasi digital melalui berbagai investasi di bidang infrastruktur  dan pembangunan sistem serta perubahan bisnis proses.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan, di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), ada terobosan yang disebut core tax dan juga e-filing e-payment untuk membantu wajib pajak lebih mudah dalam melakukan pembayaran kewajiban pajaknya.

"Sesudah kita melakukan program pengungkapan sukarela (PPS), dan program pengampunan pajak, kita akan terus melihat dan menganalisa data-data yang berdasarkan pada sistem digital  untuk terus meningkatkan kepatuhan dari wajib pajak secara adil," katanya dalam acara webinar Digitalisasi Sebagai Sarana Pencegahan Korupsi pada Rabu (3/8/2022).

Di lain sisi, Kemenkeu juga membangun Lembaga National Single Window (LNSW) yaitu sebuah integrasi data ekspor dan impor komoditas di dalam menyediakan data yang akurat disertai dengan mekanisme pengawasan yang melekat yang berbasiskan pada risiko.

Kemudian, di dalam Direktorat Jenderal Anggaran, Direktorat Jenderal Perbendaharaan serta Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan juga membangun sistem digital dengan mengintegrasikan Krisna dan Sakti yaitu sistem informasi pembangunan daerah (SIPD) dengan sistem informasi keuangan daerah (SIKD).

Sistem tersebut bertujuan agar siklus penganggaran bisa dilakukan secara komprehensif dan konsisten.

"Sistem ini adalah sistem berbasis digital secara elektronik agar siklus penganggaran dapat dilakukan secara komprehensif dan konsisten dan tentu bisa menghindarkan pemborosan maupun kompromi terhadap integritas," jelasnya.

Selanjutnya untuk sektor minyak dan gas (migas), Kemenkeu juga telah melakukan kerja sama dengan instansi terkait dengan membangun sistem informasi terintegrasi, serta pertukaran data dan/atau informasi  terkait kegiatan usaha di hulu migas atau SIT (sistem informasi terintegrasi) MIGAS.  Kemenkeu juga membangun sistem informasi minerba antar K/L yang dikenal dengan sistem SIMBARA.

Adanya SIT MIGAS dan SIMBARA, diharapkan dapat meningkatan akuntabilitas dan kecepatan dan ketepatan serta transparansi dan pelayanan pemerintah. Selain itu, adanya transformasi digital diharapkan dapat menghilangkan kesempatan terjadinya praktik-praktik korupsi  dari hulu hingga hilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper