Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kolaborasi BUMN Luncurkan Pembiayaan Mikro Perumahan Syariah

PT Sarana Multigriya Finanasial (Persero) atau SMF dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) meluncurkan program HOME syariah untuk pembiayaan mikro perumahan.
Warga melintas di dekat logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) di Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Warga melintas di dekat logo PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) di Jakarta, Kamis (20/1/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - PT Sarana Multigriya Finanasial (Persero) atau SMF kembali meluncurkan program kolaborasi untuk pembiayaan mikro perumahan syariah atau HOME syariah bersama PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan program tersebut merupakan kolaborasi berkelanjutan lintas BUMN yang dibuat untuk mendorong berbagai kelompok masyarakat yang membutuhkan pembiayaan perumahan mikro.

"Dalam kondisi saat ini di mana pandemi belum juga berakhir, program pembiayaan mikro perumahan HOME Syariah ini diharapkan juga dapat menjadi pilihan solusi dan jawaban agar masyarakat dapat bangkit di tengah gejolak ekonomi saat ini," kata Ananta, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (27/7/2022).

Di tahun sebelumnya, program HOME konvensional dirilis untuk nasabah PNM Mekaar (Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera). Pada waktu yang sama juga telah disalurkan secara simbolis pembiayaan HOME syariah kepada 10 nasabah Mekaar.

Program ini memang ditujukan untuk nasabah syariah untuk pembiayaan mikro berupa merenovasi rumah sekaligus menjadikan tempat atau pendukung usaha.

"Dengan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkannya dapat membantu pemerintah dalam mendukung terjaganya stabilitas ekonomi nasional," ujarnya.

Lewat program ini, SMF dan PNM bersinergi untuk menggerakan sektor UMKM dan ultra mikro melakukan usaha lewat rumah mereka sendiri. Tak hanya itu, kolaborasi ini menggunakan prinsip syariah dengan akad mudharabah muqayyadah.

SMF berlaku sebagai shahibul maal dan PNM sebagai mudharib. Dalam pelaksanaannya akan merujuk pada ketentuan syariat islam, baik itu berdasarkan Dewan Syariah Nasional maupun Majelis Ulama Indonesia.

HOME syariah disebutnya sebagai pelengkap komitmen dalam pelayanan pembiayaan untuk masyarakat non fix income, disamping program HOME konvensional. Dengan demikian, masyarakat dapat memiliki tempat usaha yang mudah dengan pembiayaan yang terjangkau.

Direktur Operasional PNM Sunar Basuki mengatakan program HOME Syariah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terkhusus nasabah PNM.

"Kami keluarga besar PNM mengucapkan terima kasih kepada SMF yang telah mendukung dan memberikan nilai tambah kepada nasabah kami," ujar Sunar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper