Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian PUPR Tetapkan Pemenang Sayembara Desain di IKN, Ini Daftarnya

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan pemenang sayembara desain Istana Wakil Presiden, komplek perkantoran legislatif, perkantoran yudikatif, dan peribadatan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).
Desain pemenang sayembara Kompleks Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN)./Muhammad Ridwan
Desain pemenang sayembara Kompleks Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN)./Muhammad Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menetapkan pemenang sayembara desain gedung pemerintah untuk dibangun di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penetapan pemenang sayembara desain tersebut telah melalui tahapan panjang melalui proses verifikasi dan pemilihan karya yang dilakukan oleh dewan juri.

Basuki menuturkan, penyelenggaraan sayembara desain tersebut merupakan salah satu bentuk pemerintah untuk membuka kolaborasi dengan para arsitek dalam pembangunan IKN.

“Saya terima kasih ke seluruh peserta khususnya pemenang sayembara, tadi saya yakin total hadiah bukan masalah tapi kontribusi terhadap pembangunan IKN jadi nilainya,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/7/2022).

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan sayembara yang dibuka adalah untuk desain Istana Wakil Presiden, komplek perkantoran legislatif, komplek perkantoran yudikatif, dan komplek peribadatan.

Sayembara tersebut telah mulai dilakukan oleh Kementerian PUPR sejak 28 Maret 2022. Diana menyebut terdapat 248 peserta yang telah mendaftar untuk sayembara tersebut dan tersaring melalui proses verifikasi menjadi 79 peserta.

Dia menambahkan, dari 79 peserta yang lolos tahap verifikasi, sebanyak 60 peserta yang telah mengumpulkan karyanya, sedangkan 19 peserta lainnya tercatat tidak mengumpulkan karya.

“Semua karya yang ada masuk bagus-bagus semua tapi kita harus memilih desain yang akan digunakan di IKN nantinya. Setelah rangkaian evaluasi dan penilaian ditetapkan finalis dan pemenang sayembara,” ungkapnya.

Untuk komplek perkantoran yudikatif juara pertama dimenangkan oleh karya berjudul Adil Ka Talino. Lalu, juara kedua dengan judul karya Paramarta, dan juara ketiga adalah Cakra Nusantara.

Untuk Kompleks Istana Wakil Presiden diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya yang ditetapkan sebagai juara kedua yakni karya berjudul Huma Betang Umai dan Istana Kerakyatan, dan juara ketiga dengan karya berjudul Dwi Arya Wibawa.

Sementara itu, untuk kompleks peribadatan, tiga karya terpilih ditetapkan sebagai juara kedua yaitu karya berjudul Akur Rukun, Cahaya Batang Haring Nusantara, dan Humanity Beyond Religion.

Selanjutnya untuk kompleks perkantoran legislatif juga diputuskan tidak ada juara pertama, tetapi terdapat dua karya sebagai juara kedua yakni Sasana Swara Nusantara dan Rajut Swara Indonesia. Juara ketiga dimenangkan oleh Lingkar Demokrasi.

“Semua pemenang kedua karena semua bagus-bagus harus dikolaborasikan,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper