Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waskita Toll Road Belum Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Kartu Tahun Ini, Kenapa?

PT Waskita Toll Road belum berencana mengikuti uji coba transaksi jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) .
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  15:46 WIB
Waskita Toll Road Belum Uji Coba Transaksi Tol Tanpa Kartu Tahun Ini, Kenapa?
Interchange di Jalan tol Kanci-Pejagan. Jalan tol ini dikelola oleh PT Semesta Marga Raya, anak usaha PT Waskita Transjawa Roll Road. Waskita Toll Road memiliki 39,49 persen saham WTTR per 1 April 2020. - wtr.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Waskita Toll Road belum memiliki rencana untuk mengikuti uji coba transaksi jalan tol tanpa kartu atau multi lane free flow (MLFF) yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Waskita Toll Road Alex Siwu mengatakan pihaknya masih terus mengkaji terkait dengan penerapan MLFF di ruas jalan tolnya.

Adapun, untuk ruas jalan tol yang sepenuhnya dioperasikan oleh Waskita Toll Road yakni ruas Pemalang-Batang, Kanci-Pejagan, dan Pejagan Pemalang, sedangkan untuk ruas yang dioperasikan bersama yakni Depok-Antasari, Cimanggis-Cibitung, Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Ciawi-Sukabumi, dan Pasuruan Probolinggo.

"Kita belum ada rencana di ruas tol Waskita Toll Road," ujarnya kepada Bisnis, Rabu (13/7/2022).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR tengah melakukan inovasi penerapan teknologi transaksi nirsentuh tanpa kartu di Jalan Tol atau MLFF. Penerapan teknologi tersebut merupakan bentuk inovasi dan transformasi digital di Jalan Tol dengan konsep intelligent toll road system (ITRS) yang mengacu pada Teknologi Toll Road 4.0.

Sekretaris BPJT Triono Junoasmono mengatakan, secara garis besar inovasi teknologi MLFF merupakan suatu terobosan layanan transaksi di Jalan Tol tanpa sentuh yang dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di smartphone menggunakan sistem server based dengan teknologi Global Navigation Satelit System (GNSS) dan data kendaraan dikenali menggunakan satelit.

Triono mengatakan pada akhir 2022 akan diimplementasikan di beberapa jalan tol sebagai tahapan masa transisi, sebagian gardu pada setiap gerbang tol masih dapat menggunakan kartu tol elektronik. Perangkat yang digunakan pada transaksi nirsentuh MLFF adalah berupa Electronic On-Board Unit atau dikenal dengan E-OBU.

"Nantinya, saat teknologi MLFF mulai diimplementasikan para pengguna Jalan Tol dapat melakukan pembayaran non-tunai tanpa tap kartu, yakni hanya dengan mengunduh dan mendaftar data pribadi pada aplikasi bernama Cantas pada smartphone masing-masing yang telah terkoneksi internet. Kemudian setelah kalkulasi tarif terkoneksi pada aplikasi, uang dari masing-masing instrumen pembayaran milik tiap pengguna juga akan berkurang otomatis," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Multi Lane Free Flow (MLFF) waskita karya jalan tol Kementerian PUPR
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top