Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenkeu Siap Dukung Sekuritisasi Sektor Perumahan untuk MBR

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan terus mendukung sekuritisasi sektor perumahan di Indonesia, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 07 Juli 2022  |  11:32 WIB
Kemenkeu Siap Dukung Sekuritisasi Sektor Perumahan untuk MBR
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara - Jaffry Prabu Prakoso/Bisnis.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara memastikan pemerintah akan terus mendukung sekuritisasi sektor perumahan di Indonesia, terutama untuk masyarakat berpenghasilan rendah [MBR].

"Saya ingin memastikan bahwa sektor perumahan akan terus didukung oleh pemerintah, terutama sektor perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah," kata Suahasil dalam Road to G20 Securitization Summit 2022 Day 2, Kamis (7/7/2022).

Kendati demikian, dia melihat banyak tantangan yang dihadapi untuk melakukan sekuritisasi sektor perumahan di Indonesia. Pasalnya, kata dia, sektor perumahan menjadi salah satu sektor yang mendapat pukulan yang cukup dalam selama pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, Suahasil menilai sektor ini menjadi salah satu sektor prioritas untuk segera dipulihkan. Apalagi, industri perumahan terutama konstruksi adalah satu kegiatan ekonomi yang dinilai sangat krusial untuk mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan.

"Skuritisasi menjadi salah satu solusi yang dapat  mengurangi risiko maturity mix match yang dapat terjadi dalam pembiayaan jangka panjang, seperti sektor perumahan," imbuhnya.

Dia mengatakan sekuritisasi juga menciptakan nilai dengan mengurangi biaya perantara dan meningkatkan peluang untuk berbagi risiko dan  diversifikasi risiko. Tak hanya itu, kata Suahasil, sekuritisasi dapat menciptakan sumber likuiditas baru bagi lembaga perbankan maupun keuangan.

Menurutnya, pasar sekuritisasi harus dimunculkan dengan lebih intens. Guna mendukung pengembangan pasar sekuritisasi yang lebih baik, Suahasil berharap adanya kolaborasi antar para pelaku usaha untuk memberikan masukkan terhadap regulator.

"Saya berharap peran investor dalam membangun pemahaman yang sama mengenai aset sekuritisasi dan instrumennya," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wamenkeu perumahan mbr
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top