Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kepala SKK Migas Bicara soal Ancaman Krisis Energi, Ini Katanya

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan ancaman terdepan yang dihadapi adalah krisis energi akibat konflik antarnegara hingga menyebabkan harga minyak dunia naik.
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam sebuah paparan kinerja dengan media. Istimewa/SKK Migas
Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam sebuah paparan kinerja dengan media. Istimewa/SKK Migas

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) terus melakukan berbagai antisipasi dalam menghadapi ancaman krisis energi.

"Saat ini ada tiga isu seputar energi yaitu pandemi, masalah transisi energi dan konflik antar negara membuat harga minyak dan gas menjadi tinggi, untuk itu kita terus melakukan antisipasi mewujudkan ketahanan energi," kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto di Padang, Kamis (7/7/2022).

Dia menyampaikan hal itu saat memberikan kuliah umum di Universitas Andalas (Unand) Padang dengan tema Strategi Membangun Ketahanan energi di Era Transisi Untuk Mendukung Pembangunan Nasional Yang Berkelanjutan dan penandatanganan nota kesepahaman.

Menurut Dwi ancaman terdepan yang dihadapi adalah ancaman krisis energi akibat konflik antar negara hingga menyebabkan harga minyak dunia naik.

"Ini merupakan momen yang menarik bagi pengambil keputusan, perusahaan dan pemerintah karena dunia sedang gonjang ganjing sehingga perlu pengambilan keputusan yang tepat," ujarnya.

Dia memaparkan apa yang terjadi di Ukraina menyebabkan peta energi kocar kacir karena ketergantungan negara di Eropa terhadap energi Rusia.

"Kita tidak pernah menduga harga minyak yang dulu anjlok sampai 20 dolar hari ini bisa di atas 120 dolar per barel," kata dia.

Oleh sebab itu, dia mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencoba mengambil langkah agar persoalan ini bisa diatasi. Selain itu, Indonesia juga tengah berupaya melakukan transisi energi untuk mewujudkan nol emisi pada 2026.

"Konsekuensinya ada tambahan biaya bagi sektor industri yang masih menghasilkan CO2," ujarnya.

Untuk itu SKK Migas menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi termasuk Unand untuk mewujudkan target nol emisi. Selanjutnya, langkah yang perlu diambil adalah upaya mengangkat produksi minyak dan gas untuk mengurangi defisit.

"Sekarang kita dihadapkan pada bagaimana menaikkan produksi dan mengantisipasi energi transisi," ujarnya.

Dwi melihat peran energi baru dan terbarukan (EBT) berperan dalam menghadapi energi dan transisi dan mewujudkan kemandirian energi.

"Salah satunya adalah gas sehingga perlu dilakukan konversi dari minyak dan gas secara bertahap," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper