Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPS Umumkan 4 Data Ekonomi Penting. Catat Jadwal dan Linknya!

Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan empat data penting pada pagi ini, Jumat (1/7/2022), salah satunya data inflasi Juni 2022.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  06:34 WIB
BPS Umumkan 4 Data Ekonomi Penting. Catat Jadwal dan Linknya!
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono dalam rilis kinerja ekspor dan impor Februari 2022, di Kantor Pusat BPS, Jakarta, Selasa (15/3/2022). - BPS
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan empat data penting pada pagi ini, Jumat (1/7/2022).

Ada empat data yang akan dirilis, yakni perkembangan Indeks Harga Konsumen Juni 2022 atau inflasi, perkembangan Indeks Harga
Perdagangan Besar Juni 2022, perkembangan Nilai Tukar Petani dan Harga Produsen Gabah Juni 2022, serta perkembangan Pariwisata dan Transportasi Nasional Mei 2022.

"Angka-angka tersebut akan dirilis langsung oleh Kepala BPS, Margo Yuwono, secara hybrid melalui tatap muka, Zoom Meeting dan Youtube BPS," tulis BPS dalam undangan rilisnya.

Bahan rilis dapat diakses di website BPS www.bps.go.id setelah rilis streaming selesai.

Rilis pada Jumat ini dijadwalkan pada pukul 09.00 WIB. Berikut ini link khusus untuk YouTube, s.bps.go.id/rilisbps2022.

Adapun, Analis Makroekonomi Bank Danamon Irman Faiz memperkirakan tingkat inflasi Juni 2022 secara tahunan akan mencapai 4,14 persen (year-on-year/yoy).

Tingkat inflasi tersebut lebih tinggi jika dibandingkan dengan posisi pada bulan sebelumnya yang mencapai 3,47 persen yoy.

“Faktor pendorongnya masih pada komponen volatile foods, harga pangan yang terlihat masih meningkat,” katanya, Kamis (30/9/2022).

Sementara itu, Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman memperkirakan laju inflasi pada Juni 2022 akan menguat, terutama disebabkan oleh kenaikan harga pangan.

Faisal memperkirakan Indeks Harga Konsumen (IHK) pada Juni 2022 akan mengalami inflasi sebesar 0,52 persen secara bulanan (month-to-month/mtm), lebih tinggi dari inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,40 persen.

Menurutnya, kenaikan inflasi tersebut terutama didorong oleh kenaikan harga komoditas cabai merah, cabai rawit, bawang merah, dan telur ayam.

Secara tahunan, Faisal mengatakan tingkat inflasi pada Juni 2022 akan mencapai level di atas target inflasi Bank Indonesia (BI).

Tingkat inflasi secara tahunan pada periode tersebut diperkirakan sebesar 4,26 persen secara tahunan (yoy), lebih tinggi dari inflasi tahunan Mei 2022 sebesar 3,55 persen yoy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Inflasi BPS ihk
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top