Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Update Harga Bahan Pokok Hari Ini: Cabai Naik, Minyak Goreng Turun

Awal Juli 2022, harga minyak goreng terpantau mengalami tren penurunan, sementara cabai dan bawang merah masih mengalami kenaikan.
Annasa Rizki Kamalina
Annasa Rizki Kamalina - Bisnis.com 01 Juli 2022  |  15:57 WIB
Update Harga Bahan Pokok Hari Ini: Cabai Naik, Minyak Goreng Turun
Warga menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi saat membeli minyak curah di Pasar Kosambi, Bandung, Jawa Barat, Senin (27/6/2022). Pemerintah akan menerapkan aturan baru terkait pembelian dan penjualan minyak goreng curah dengan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi atau menunjukkan nomor induk kependudukan pada KTP yang akan diberlakukan pada 11 Juli mendatang. ANTARA FOTO - Raisan Al Farisi

Bisnis.com, JAKARTA – Mengawali Juli 2022, harga beberapa komoditas seperti cabai dan bawang merah masih mengalami kenaikan, sedangkan minyak goreng mulai mengalami penurunan dan telur ayam terpantau stabil.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, rata-rata harga cabai merah di pasar tradisional per 1 Juli 2022 naik Rp1.000/kg menjadi Rp75.650/kg. Dalam satu minggu terakhir, harga cabai tersebut sudah naik Rp1.900/kg.

Cabai rawit naik Rp350 per hari ini menjadi Rp83.600 per kilogram. Dalam satu minggu harga untuk komoditas tersebut naik Rp2.750/kg.

Kenaikan harga cabai masih diakibatkan oleh anomali cuaca. BMKG mencatat daerah sentra penghasil cabai di Jawa Tengah dan Timur terjadi hujan di atas normal sehingga petani gagal panen dan pasokan berkurang.

Tren kenaikan juga terjadi pada bawang merah yang dalam satu minggu sudah naik Rp2.950/kg. Bahkan per hari ini naik Rp850 sehingga harganya menjadi Rp61.100/kg. Untuk bawang putih yang sebelumnya menunjukkan tren penurunan, pada hari ini terpantau naik Rp250 menjadi Rp29.450/kg.

Selain empat komoditas yang mengalami kenaikan harga, terdapat tiga komoditas yang terpantau menurun tetapi landai, seperti minyak goreng yang dalam satu minggu ini rata-rata turun Rp200/kg. Beras dan daging sapi pun turun masing-masing Rp50/kg dan Rp200/kg.

Telur ayam, daging ayam, dan gula terpantau stabil masing-masing di harga Rp29.100/kg, Rp36.750/kg, dan Rp14.650/kg.

Sementara itu, pedagang melihat meski beberapa harga turun dan stabil, masih tertahan tinggi seperti telur ayam yang normalnya Rp23.000 per kg.

Untuk mengatasi kurangnya pasokan, pemerintah melalui Badan Pangan Nasional telah membantu mendistribusikan komoditas dari daerah surplus menuju daerah defisit, terutama di Jakarta.

 

Per 29 Juni 2022 Badan Pangan Nasional telah memobilisasi cabai dari Sulawesi Selatan ke wilayah Jabodetabek sebanyak 54 ton.

 

Sementara untuk bawang merah, pada 28 Juni 2022 NFA tengah mencoba membantu distribusi dari Bima, NTB, menuju Palembang, Sumatra Selatan, sebanyak 14 ton (konde kering).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga cabai harga pangan minyak goreng harga bawang merah harga bahan pokok
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top