Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Forum G20, Menkes Budi Tegaskan Prioritas Pembahasan Sektor Kesehatan

Dua hal yang menjadi fokus utama pembahasan forum G20 bidang kesehatan adalah,  sumber pendanaan dan penggunaannya. 
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 21 Juni 2022  |  23:17 WIB
Forum G20, Menkes Budi Tegaskan Prioritas Pembahasan Sektor Kesehatan
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara resmi menandatangani pembangunan pabrik bahan baku obat dalam negeri, Kamis (2/6/2022) di Cikarang. JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA- Rangkaian pertemuan "G20 Finance and Health Ministerial 2022" yang berlangsung di Indonesia akan berfokus kepada dua hal sebagai topik prioritas.

Menurut Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, dua hal yang menjadi fokus utama tersebut adalah,  sumber pendanaan dan penggunaannya. Dia menjelaskan World Health Organization (WHO) dan World Bank sudah setuju untuk duduk bersama dan menyepakati pendanaan lebih dari US$1 miliar.

"Yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan total senilai US$10 miliar per tahun," kata Budi saat menjadi pembicara dalam konferensi pers Pertemuan "G20 Finance and Health Ministerial 2022", Selasa (21/6/2022).

Selain itu, Budi menilai perihal penggunaan dana  merupakan persoalan lebih sulit karena diperlukan adanya pendekatan serta pembicaraan dengan para produsen vaksin sebagai pemain utama. Hal itu merupakan upaya menjamin kesehatan global.

Terutama, jelas Budi, terkait dengan keberlangsungan komitmen para produsen untuk pengadaan vaksin di volume tertentu beserta pendistribusian yang cepat dan merata jika pandemi berikutnya terjadi.

Dia mengatakan kedua hal itu akan menjadi diskusi utama forum pertemuan "G20 Finance and Health Ministerial 2022" yang akan berlangsung hingga akhir tahun ini.

"Kami memiliki waktu hingga Oktober 2022 saat "G20 Finance and Health Ministerial Meeting 2022" rampung," jelasnya.

Termasuk, kata Budi, masih ada waktu yang tersisa sebelum pertemuan para pemimpin dunia dalam ajang G20 dilaksanakan pada November 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin g20 kemenkes who KTT G20 Pertemuan G20 G20 Indonesia
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top