Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perang Rusia vs Ukraina, Tema Presidensi G20 Indonesia Masih Relevan?

Apakah tema Presidensi G20 masih relevan dengan situasi perang Perang Rusia vs Ukraina yang saat ini masih terjadi?
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 06 Juni 2022  |  16:44 WIB
Perang Rusia vs Ukraina, Tema Presidensi G20 Indonesia Masih Relevan?
Logo Presidensi G20 Indonesia - Kemenlu RI

Bisnis.com, JAKARTA - Presidensi G20 Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema “Recover Together, Recover Stronger". Tema ini diangkat oleh Indonesia menimbang dunia yang masih dalam tekanan akibat pandemi. Namun, apakah tema Presidensi G20 masih relevan dengan perang Rusia vs Ukraina yang saat ini terjadi? 

Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Edi Prio Pambudi menegaskan tema Presidensi G20 Indonesia masih relevan di tengah situasi perang Rusia vs Ukraina. 

"Kalau ada pertanyaan apakah tema dan substansinya masih relevan? Masih. Justru sekarang tantangannya bertambah," kata Edi dalam Media Briefing Presidensi G20 bersama Co-Sherpa G20 Indonesia di Jakarta, Senin (6/6/2022).

Perang Rusia vs Ukraina, kata Edi, menimbulkan konsekuensi baru yang mengarah kepada krisis global yang lebih berat, terutama akibat kelangkaan energi, pangan dan keuangan.

Dia menjelaskan banyak persoalan di keuangan yang harus diselesaikan, seperti beban utang, banyak negara yang membutuhkan restrukturisasi, hingga ruang fiskal yang sudah mepet. Ditambah lagi, dengan kelangkaan energi dan pangan. Lantas bagaimana peran G20?

"Terus terang peran G20 tidak mungkin kita mengarah kepada proses menghentikan operasi militernya. Karena memang G20 bukan forum untuk itu. G20 adalah forum yang didesain untuk menyelesaikan krisis-krisis yang dulunya timbul karena keuangan," jelas dia.

Namun, yang bisa dilakukan G20 saat ini adalah menyelaraska serta relevan dengan situasi di dunia saat ini. Sementara itu, forum G20 juga bisa mengantisipasi dampak dari perang dua negara Eropa Timur tersebut. 

Untuk pertama kalinya, Indonesia memegang Presidensi Group of 20 (G20), forum kerja sama 20 Ekonomi utama dunia. Periode Presidensi G20 Indonesia berlangsung selama satu tahun, mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Di dalam G20 terdapat dua pilar pembahasan, yaitu pilar keuangan yang disebut Finance Track; yang kedua adalah pilar Sherpa Track yang membahas isu­isu ekonomi dan pembangunan non­keuangan. Setiap pilar dimaksud memiliki kelompok kerja yang disebut Working Groups.

Puncak kegiatan Presidensi G20 Indonesia atau Konferensi Tingkat Tinggi G20 akan dijadwalkan pada 15-16 November 2022 di pulau Bali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 G20 Indonesia Perang Rusia Ukraina
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top