Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Andalin Bersama ALFI Lakukan Kolaborasi untuk Mempercepat Digitalisasi Logistik

Seribuan lebih anggota ALFI dapat mendapatkan manfaat lebih, sehingga memungkinkan pencarian sea freight secara digital sehingga dapat melakukan pengiriman ekspor impor secara lebih efisien. 
Penandatanganan kolaborasi Andalin dan ALFI/Andalin
Penandatanganan kolaborasi Andalin dan ALFI/Andalin

Bisnis.com, JAKARTA- Platform digital Andalin mengumumkan kolaborasi dengan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) untuk menawarkan integrasi digital layanan sea freight full container load (FCL) bagi para anggota asosiasi tersebut.

Sebagai langkah awal, kolaborasi ini akan diawali  DPW ALFI Jakarta dan DPW ALFI Jabar. Integrasi digital antara platform Andalin dan platform yang dimiliki oleh ALFI ini merupakan terobosan pertama yang ada di bidang rantai pasok di Indonesia dan berfokus pada pemanfaatan platform digital.

Dengan adanya Integrasi ini, seribuan lebih anggota ALFI dapat mendapatkan manfaat lebih, sehingga memungkinkan pencarian sea freight secara digital sehingga dapat melakukan pengiriman ekspor impor secara lebih efisien. 

"Andalin sebagai perusahaan yang bergerak di bidang logistik internasional berbasis digital memahami bahwa pemanfaatan platform digital dapat sangat membantu industri ini untuk menjadi lebih efisien dan mencapai potensi maksimalnya. Andalin dan ALFI melakukan kolaborasi, dengan mengintegrasikan kedua platform kami untuk mempermudah kegiatan logistik internasional. Andalin berperan sebagai penyedia layanan sea freight FCL untuk pengiriman internasional sedangkan ALFI merupakan penyedia platform untuk para anggotanya yang membutuhkan layanan tersebut,” ungkap Rifki Pratomo, CEO Andalin, dikutip dari siaran pers, Sabtu (4/6/2022). 

Dia melanjutkan kolaborasi ini memungkinkan perusahaan memperkuat ekosistem industri rantai pasok di Indonesia dengan integrasi digital. "Kami percaya, kolaborasi dengan ALFI ini bisa menjadi tahap penting untuk memperkuat posisi indonesia di kancah perdagangan internasional,” ungkap Rifki 

Dari sisi ALFI sendiri, sinergi dengan Andalin merupakan bentuk dukungan kepada para anggotanya agar bisa mengembangkan bisnis mereka lebih besar lagi di masa yang akan datang. 

Dalam acara peresmian kolaborasi di Jakarta, Wakil Ketua Umum DPP ALFI, Trismawan Sanjaya, mengatakan, “Kami optimis dengan memanfaatkan platform digital perkembangan dunia logistik internasional di Indonesia bisa berkembang jauh lebih cepat. Dengan  menyediakan integrasi platform dengan Andalin kami yakin dapat memberikan dukungan kepada para anggota asosiasi agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya. Integrasi ini merupakan langkah awal untuk membuat jaringan ekosistem logistik internasional digital di Indonesia.”

Dalam kesempatan yang sama, turut menyaksikan juga Ketua Umum DPW ALFI Jakarta, Adil Karim dan Ketua Umum DPW ALFI Jabar, M. Nuh Nasution. Ke depannya para anggota ALFI dapat berkunjung ke website DPW Jakarta atau Jabar.

Para anggota lalu dapat menemukan layanan sea freight dari Andalin dalam platform tersebut, sehingga mereka tidak perlu lagi kesulitan untuk mencari dan mendapatkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Hal ini menjadi salah satu manfaat baru menjadi anggota ALFI bagi para forwarder di Indonesia

Andalin dan ALFI akan terus berinovasi di masa yang akan datang untuk memaksimalkan manfaat platform digital untuk pelaku bisnis rantai pasokan. Pasar freight dan logistik Indonesia sendiri memiliki nilai US$81.30 miliar pada 2020 dan diperkirakan akan terus tumbuh hingga US$138.04 miliar  menurut perusahaan riset Reportlinker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper