Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MRT Fase 4 Butuh Biaya Rp28 Triliun, MRT Jakarta Cari Pendanaan Hingga ke Korea Selatan

MRT Jakarta menjajaki potensi pendanaan ke Korea Selatan seiring dengan minat Korsel menggarap proyek MRT Fase 4 jalur Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah.
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (6/6/2021)./Antara
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan MRT Jakarta fase 2A di kawasan Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (6/6/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT MRT Jakarta menjajaki kerja sama pembangunan jalur MRT Fase 4 ke Korea Selatan. Hal itu merespons pernyataan Korsel yang berminat menggarap proyek MRT jalur Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William menjelaskan alasan penjajakan pendanaan proyek MRT Fase 4 tersebut ke Korsel salah satunya llantaran selama ini Korsel menyatakan serius dan berminat untuk menggarap proyek MRT Fatmawati-Taman Mini Indonesia Indah. Dari hasil feasibility study, proyek ini setidaknya membutuhkan biaya sebesar Rp20 triliun hingga Rp28 triliun.

Bahkan, lanjutnya, pemerintah Korsel telah melakukan kunjungan ke Indonesia untuk membahas pembangunaan MRT Jakarta beberapa waktu lalu. Sebagai tindak lanjutnya, pihak MRT Jakarta juga melakukan kunjungan balik ke Negeri Ginseng untuk mencari investor yang potensial baik dari pihak pemerintah maupun swasta.

"Sekarang kita sedang menjajaki kerja sama dengan pemerintah dan swasta yang ada di Korsel. Selama kunjungan ini kami melihat ketertarikan Korsel untuk berinvestasi, dalam hal pendanaan dan lain sebagainya untuk Fase 4," ujarnya dikutip dari laman PPID DKI Jakarta, Rabu (1/6/2022).

William menyebut ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi dalam penjajakan kerja sama ini. Tiga syarat tersebut yakni syarat teknis, ekonomi dan dukungan dari pemerintah serta industri. Dari ketiga syarat tersebut, saat ini, MRT sedang ada di poin ketiga yaitu tahap penjajakan.

"Kalau antara kedua belah pihak yakni Indonesia dan Korsel sudah mendukung dan menyatu maka ini kita lanjutnya," imbuhnya.

William optimistis, Korsel dapat menjadi salah satu investor dalam hal pendanaan pembangunan MRT ke depan. Dia memaparkan MRT Fase 4 ini masih dalam proses pemyaringan untuk menentukan pihak yang akan menggarap proyek tersebut, dan proyek ini dikerjakan dengan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)," tutur William.

Sebagai informasi, MRT Fase 4 akan dibangun sepanjang 12 kilometer dengan satu depot dan 10 stasiun terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah dan tiang stasiun elevated.

Adapun kesepuluh stasiun MRT Fase 4 yaitu Stasiun Fatmawati, Antasari, Ampera, Warung Jati, Tanjung Barat, Ranco, Raya Bogor, Tanah Merdeka, Kampung Rambutan dan Stasiun Taman Mini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper