Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Berikut Tips Lolos Gelombang 31

Berikut ini tips agar dapat lolos program Kartu Prakerja gelombang 31.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 30 Mei 2022  |  09:34 WIB
Kartu Prakerja Kembali Dibuka, Berikut Tips Lolos Gelombang 31
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). - ANTARA FOTO/Moch Asim

Bisnis.com, JAKARTA - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 31 telah resmi dibuka pada Sabtu (28/5/2022), sehari setelah penerima gelombang 30 diumumkan.

Informasi tersebut diumumkan melalui akun Instagram resminya @prakerja.go.id.

"Yuk yuk yuk langsung klik "Gabung Gelombang" di dashboard kamu! Buat yang belum beruntung gas langsung daftar! Share infonya ke IG & FB kamu ya supaya lebih banyak yang bisa #SiapDariSekarang !," ungkap manajemen Kartu Prakerja, dikutip Senin (30/5/2022).

Bagi calon peserta yang sempat gagal pada proses pendaftaran gelombang sebelumnya bisa mencoba cara-cara berikut agar dapat lolos program Kartu Prakerja gelombang 31.

Cara Lolos Program Kartu Prakerja Gelombang 31:

1. Pastikan peserta memenuhi syarat yang diminta

Melansir situs resmi www.prakerja.go.id, program ini terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Kendati demikian, calon peserta yang sedang menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepada desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas BUMN atau BUMD, tidak diizinkan mengikuti program tersebut.

Selain itu, calon peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah, seperti Bantuan Sosial Kementerian Sosial (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Syarat lain yang perlu diperhatikan adalah dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya dibatasi dua anggota keluarga yang bisa menjadi peserta Kartu Prakerja.

2. Gunakan email dan nomor handphone yang masih aktif untuk mendaftar

Pastikan agar email dan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar masih aktif. Ini lantaran verifikasi akun dan setiap informasi akan disampaikan melalui email dan SMS. Jadi, jangan sampai peserta ketinggalan informasi karena email ataupun nomor handphone yang digunakan sudah tak aktif.

3. Pastikan data yang dimasukkan saat mendaftar sesuai dengan data Dukcapil

Data yang dimasukkan ketika mendaftar harus sesuai dengan data Dukcapil. Apabila data tidak sesuai, maka calon peserta bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, email ke callcenter @dukcapil.kemendagri.go.id, atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat guna melakukan pengecekan lebih lanjut.

4. Unggah foto KTP dengan jelas

Ketika calon peserta hendak mengunggah foto KTP, pastikan untuk menggunakan kamera handphone, bukan mengambilnya dari galeri. Jika calon peserta melakukan pendaftaran via komputer, maka lanjutkan proses pendaftaran melalui browser handphone calon peserta.

5. Wajah harus terlihat jelas saat verifikasi foto wajah

Hal lain yang seringkali menghambat calon peserta adalah pada saat verifikasi foto wajah. Agar  sukses melalui tahap tersebut, pastikan agar calon peserta mengambil swafoto atau selfie dengan kamera handphone. Pastikan wajah terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup.

Hindari menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, KTP dan lainnya. Dan terakhir, izinkan situs perambah untuk mengetahui lokasi Anda.

Selamat mencoba, semoga lolos Kartu Prakerja gelombang 31!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pendaftaran kartu prakerja
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top