Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inflasi Memanas, BI: Lebih Tinggi dari 4 Persen

Inflasi Indonesia pada 2022 semula diperkirakan dalam rentang 2-4 persen
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 24 Mei 2022  |  15:56 WIB
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Aktivitas bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (15/2/2022). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan tingkat inflasi tahun ini akan mengalami kenaikan di atas target yang telah ditetapkan sebelumnya pada rentang 2-4 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan bahwa tekanan inflasi ke depan diperkirakan masih berlanjut sejalan dengan meningkatnya harga komoditas global. 

“Secara keseluruhan memang kami perkirakan inflasi ini kemungkinan sedikit di atas 4 persen, tapi tidak jauh di atas 4 persen,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (24/5/2022).

Perry menjelaskan, tekanan inflasi ke depan akan sangat bergantung pada respons kebijakan pemerintah terhadap kenaikan harga komoditas global.

Oleh karena itu, imbuhnya, langkah pemerintah dalam menambah anggaran subsidi energi dan perlindungan sosial guna menjaga daya beli masyarakat patut diapresiasi.

Langkah pemerintah tersebut dapat meredam gejolak dari tekanan inflasi yang diperkirakan meningkat tinggi.

“Dengan ini, tentu saja kenaikan harga komoditas global, dampaknya terhadap harga di dalam negeri lebih terkendali,” katanya.

Perry menambahkan, BI akan terus mewaspadai dampak dari kenaikan hara komoditas terhadap peningkatan ekspektasi inflasi dan menempuh langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan terkendalinya stabilitas inflasi ke depan.

“BI akan memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah guna menjaga inflasi IHK dalam kisaran sasarannya yaitu 3±1 persen,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia Inflasi Pertumbuhan Ekonomi
Editor : Anggara Pernando

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top