Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BI Tegaskan Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia Sehat dan Kuat

Stabilitas keuangan yang sehat dan kuat membuktikan bahwa sinergi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) sangat kuat sehingga dapat terus menjaga stabilitas keuangan dan mendorong intermediasi, serta meningkatkan inklusi ekonomi dan mendorong pemulihan ekonomi.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 13 Mei 2022  |  17:32 WIB
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan keterangan melalui streaming di Jakarta, Rabu (18/8 - 2020), Dok. Bank Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyampaikan stabilitas sistem keuangan Indonesia secara keseluruhan terjaga secara sehat dan kuat.

"Permodalan yang sangat tinggi, persyaratan modal yang cukup tinggi 24 persen, nonperforming loan yang rendah dan tentu saja dari sisi ini stabilitas kita  sangat kuat," kata Perry dalam Peluncuran Buku: Kajian Stabilitas Keuangan No.38 Maret 2022 yang diadakan secara virtual, Jumat (13/5/2022).

Kemudian, BI menilai kondisi likuiditas juga sangat-sangat longgar. Kondisi ini, lanjut, Perry merupakan komitmen BI dalam meyakinkan likuiditas yang sangat longgar bagi perbankan untuk bisa membiayai sektor usaha.

Intermediasi semakin kuat di level 5,4 persen pada akhir 2021 dan diperkirakan akan meningkat 7 hingga 9 persen di 2022. Industri ekonomi bahkan kredit UMKM juga meningkat lebih tinggi, sekitar 11 hingga 12 persen berkat seluruh industri perbankan yang terus meningkatkan intermediasinya serta pelayanan dari perbankan untuk UMKM.

Perry mengatakan, stabilitas keuangan yang sehat dan kuat membuktikan bahwa sinergi Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) sangat kuat sehingga dapat terus menjaga stabilitas keuangan dan mendorong intermediasi, serta meningkatkan inklusi ekonomi dan mendorong pemulihan ekonomi.

"Tapi tentu saja langkah lanjutan perlu kita tingkatkan untuk mendorong lebih lanjut ketahanan sistem keuangan dan juga intermediasi serta inklusi keuangan ke depan," ujarnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bank Indonesia kssk stabilitas sistem keuangan
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top