Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang 28 Resmi Dibuka, Ini Cara Lolos Program Kartu Prakerja

Simak cara berikut ini agar lolos program Kartu Prakerja gelombang 28.
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Program Kartu Prakerja gelombang 28 telah resmi dibuka pada Senin (10/5/2022).

Hal tersebut diumumkan langsung oleh tim Kartu Prakerja melalui akun Instagram resmi mereka @prakerja.go.id.

"Gelombang 28 yuk dibuka yuk! Share ke FB dan IG Story kalian ya #SiapDariSekarang," tulis mereka, dikutip Selasa (10/5/2022).

Bagi anda yang belum lolos pendaftaran hingga gelombang 27 kemarin, simak tips berikut ini agar lolos program Kartu Prakerja gelombang 28.

Cara Lolos Program Kartu Prakerja:

1. Penuhi semua syarat yang ada

Program Kartu Prakerja terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Kendati demikian, bagi anda yang menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas pada BUMN atau BUMD tidak diperkenankan mengikuti program ini.

Syarat lainnya, calon peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah, seperti Bantuan Sosial Kementerian Sosial (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Selain itu, dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya dibatasi dua anggota keluarga yang dapat menjadi peserta Kartu Prakerja.

2. Gunakan e-mail dan nomor handphone aktif saat mendaftar program

Pastikan e-mail dan nomor handphone anda yang digunakan untuk mendaftar masih aktif. Ini perlu, lantaran verifikasi akun dan setiap informasi akan disampaikan melalui e-mail dan SMS.

3. Pastikan data yang Anda masukkan saat mendaftar sesuai dengan data Dukcapil

Apabila data anda tidak sesuai, anda bisa menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, e-mail ke [email protected], atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

4. Unggah foto KTP yang jelas

Gunakan kamera handphone anda saat akan mengunggah foto KTP, bukan dari galeri. Jika anda melakukan pendaftaran melalui komputer, maka lanjutkan pendaftaran melalui browser handphone anda.

5. Verifikasi foto wajah

Kebanyakan calon peserta seringkali mengeluhkan tahap verifikasi foto wajah. Ini, lantaran calon peserta banyak yang gagal saat melakukan verifikasi foto wajah.

Agar berhasil pada tahap ini, ambil swafoto atau selfie dengan kamera handphone. Pastikan wajah anda terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup.

Jangan menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, KTP dan lainnya.

Terakhir, izinkan situs perambah untuk mengetahui lokasi Anda. Caranya, dengan tap tombol allow atau izinkan ketika notifikasi muncul.

Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper