Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Siasat Kemenhub Cegah Macet Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

Kemenhub telah menyiapkan siasat untuk mencegah macet di Pelabuhan Bakauheni selama arus balik Lebaran.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 07 Mei 2022  |  18:12 WIB
Ini Siasat Kemenhub Cegah Macet Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni
Pemudik antre menunggu giliran untuk naik ke atas KMP Port Link III di Dermaga Eksekutif, Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (28/4/2022). Memasuki H-4 Hari Raya Idul Fitri 1443 H pelabuhan Bakauheni, Lampung mulai dipadati pemudik yang akan menyebrang ke pulau Jawa maupun ke pulau Sumatera dan diperkirakan puncaknya pada H-3 Lebaran. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan strategi untuk mencegah lalu lintas macet di pelabuhan penyeberangan Bakauheni saat arus balik Lebaran 2022.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk memecah kepadatan arus balik di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, telah disiapkan Pelabuhan Panjang sebagai pelabuhan tambahan.

“Kami siapkan Pelabuhan Panjang menjadi Pelabuhan untuk angkutan logistik dan penumpang dari Lampung menuju Pelabuhan di Ciwandan, Banten,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (7/5/2022).

Dia menuturkan sebelumnya telah mengunjungi para penumpang Kapal Ciremai yang melayani arus balik di Pelabuhan Panjang. Menurutnya, masyarakat merasa senang dengan adanya pelayanan kapal dari Lampung menuju Banten.

Budi menyebut sistem tersebut akan menjadi format tiap tahun yang akan diterapkan selama masa mudik.

Dia mengimbaumasyarakat pengguna angkutan penyeberangan kembali setelah 8 Mei 2022 untuk menghindari kepadatan dan agar perjalanan lebih nyaman saat arus balik Lebaran.

Menhub menuturkan puncak arus balik angkutan penyeberangan dari Bakauheni menuju ke Merak diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu dan Minggu ini (7-8 Mei 2022).

Sampai hari Sabtu pagi ini, lanjutnya, baru sekitar 37 persen yang bergerak. Artinya ada kecenderungan sisanya yang 63 persen akan menyeberang dalam satu-dua hari ini.

"Saya mengimbau jangan kembali hari ini dan besok. Kalau bisa ditunda hari Senin atau Selasa (9/10 Mei 2022),” ujarnya.

Secara kumulatif, mulai Rabu (4/5/2022) sampai dengan Sabtu (7/5/2022) siang ini, terdapat total sebanyak 4.787 penumpang, 862 sepeda motor, 380 mobil pribadi, dan 45 truk / bus yang menyeberang melalui Pelabuhan Panjang Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten.

Untuk mengendalikan lonjakan arus balik, sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah. Selain mengimbau masyarakat untuk menghindari kembali pada puncak arus balik (6-8 Mei 2022), kebijakan lainnya yang telah dilakukan yaitu: membolehkan para pekerja untuk cuti setelah 8 Mei 2022 dan membolehkan anak-anak untuk sekolah secara daring.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bakauheni lebaran Arus Balik pelabuhan bakauheni
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top