Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Balik: 39.660 Penumpang Kereta Tiba di Jakarta Hari Ini

Sebanyak 39.660 pelaku arus balik tiba di Jakarta menggunakan moda transportasi kereta api jarak jauh, Jumat (6/5) hari ini.
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Penumpang kereta api Sawunggalih dari Kutoarjo tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memperkirakan kedatangan penumpang kereta api (KA) jarak jauh saat arus balik di stasiun-stasiun wilayah Jakarta, Jumat (6/5/2022) hari ini mencapai 39.660. Jumlah ini lebih tinggi dari realisasi kedatangan 38.963 penumpang pada Kamis (5/5) kemarin.

Jika ditotal, artinya estimasi kedatangan dalam dua hari terakhir mencapai 78.623 penumpang.

"Secara total pada kedatangan di wilayah Jakarta pada tanggal 5 Mei berjumlah 38.963 orang dan pada 6 Mei berjumlah 39.660 orang. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pembelian tiket KA Jarak Jauh dengan tujuan akhir Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi, dan Cikampek," jelas VP Public Relations KAI Joni Martinus, Jumat (6/5).

Angka tersebut diperkirakan masih akan terus naik. Di Stasiun Pasar Senen saja misalnya, penumpang KA Jarak Jauh yang tiba pada hari ini (6/8/2022) hingga puncak arus mudik akhir pekan ini (8/5) ditaksir akan mencapai 45.242 pelanggan, dengan volume rata-rata 15.081 pelanggan per hari. Para pelanggan tersebut mayoritas berangkat dari Stasiun Kutoarjo, Purwokerto, Lempuyangan, dan Surabaya Pasarturi.

Itu belum termasuk estimasi tambahan yang tiba di Gambir, Jakarta Kota, Jatinegara, Bekasi dan Cikampek.

Antisipasi KAI dalam menghadapi kepadatan arus balik tersebut adalah dengan mengoperasikan 214 perjalanan KA pada H+3, naik 5 persen dibanding awal masa angkutan lebaran pada H-10 yaitu sebanyak 204 perjalanan KA. Kapasitas tempat duduk yang disediakan juga meningkat 9 persen menjadi 122.861 tempat duduk per hari. Kesiapan lainnya yang KAI lakukan yaitu dengan terus menyiagakan petugas posko untuk pelayanan dan pengamanan baik dari internal maupun eksternal.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran yaitu H-10 hingga H+10 Lebaran atau 22 April hingga 13 Mei 2022. Sampai dengan 6 Mei, KAI telah menjual 2,1 juta tiket KA Jarak Jauh atau 83 persen dari total tiket yang disediakan. Adapun untuk periode H-10 s.d H+2 atau 5 Mei, KAI telah melayani 1.514.554 pelanggan atau rata-rata 108.182 pelanggan per hari dengan rata-rata okupansi sebesar 90 persen.

Puncak arus balik pada Angkutan Lebaran ini adalah keberangkatan 4 dan 5 Mei, atau H+1 dan H+2 dengan rute favorit Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Semarang pp, Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Yogyakarta, Bandung-Surabaya pp, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper