Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mudik Lebaran: Volume Pergerakan di Bandara AP II Tembus 2 Juta Penumpang

PT Angkasa Pura mencatat volume pergerakan di bandara AP II tembus 2 juta penumpang selama Mudik Lebaran 2022.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 04 Mei 2022  |  10:57 WIB
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang yang akan masuk di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi jumlah penumpang pada kuartal I/2020 bisa berkurang sebesar 218.000 orang atau sekitar 1 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu akibat wabah virus corona (COVID-19) yang menyebabkan aktivitas penerbangan domestik dan internasional berkurang. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Petugas memeriksa suhu tubuh penumpang yang akan masuk di Terminal IA Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (17/3/2020). PT Angkasa Pura II (Persero) memprediksi jumlah penumpang pada kuartal I/2020 bisa berkurang sebesar 218.000 orang atau sekitar 1 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu akibat wabah virus corona (COVID-19) yang menyebabkan aktivitas penerbangan domestik dan internasional berkurang. Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Jumlah pergerakan selama arus mudik Lebaran 2022 di bandara Angkasa Pura (AP) II hingga saat ini telah melampaui 2 juta penumpang dan hampir 17.500 penerbangan.

Berdasarkan data dari AP II, jumlah pergerakan penumpang di 20 bandara AP II secara kumulatif mencapai 2,13 juta orang dengan pergerakan pesawat sebanyak 17.477 penerbangan, sejak H-10, Jumat (22/4/2022), sampai dengan H+1 atau Selasa (3/5/2022).

Jumlah pergerakan penumpang selama 12 hari arus mudik di Bandara Soekarno-Hatta tercatat sebanyak 1,36 juta orang dengan pergerakan pesawat mencapai 10.989 penerbangan. Adapun, lima besar destinasi penerbangan dari Bandara Soekarno-Hatta sejak H-10 Lebaran sampai dengan hari ini, Rabu (4/5/2022), yakni menuju ke Denpasar, Medan, Makassar, Surabaya dan Pontianak.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan angkutan Lebaran 2022 menjadi tantangan karena tidak ada penyelenggaran angkutan Lebaran di dua tahun sebelumnya, sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

Kendati demikian, Awaluddin menyebut AP II dan stakeholder dapat berkolaborasi sehingga pelaksanaan arus mudik dapat berjalan dengan lancar dan kini bersiap menyambut arus balik.

"Selama masa angkutan Lebaran, lanjutnya, AP II berkolaborasi erar dengan pihak pemerintah, maskapai, ground handling, penyedia jasa navigasi penerbangan, TNI/Polri, serta pemangku kepentingan lainnya. Kami bersyukur penyelenggaraan angleb 2022 sejauh ini berjalan dengan baik di bandara AP II," ujar Awaluddin, dikutip dari siaran pers, Rabu (4/5/2022).

Kolaborasi yang dilakukan antara stakeholder bandara AP II adalah penyesuaian pola operasional bandara dan maskapai, pengaturan slot time penerbangan, optimalisasi pergerakan pesawat di sisi udara (airside) bandara, kecepatan dan ketepatan penanganan penumpang di terminal, serta optimalisasi ground handling.

"Melalui kolaborasi tersebut, kami dapat mengakomodir tingginya permintaan pada angleb 2022 dengan tetap memperhatikan aspek keamanan, keselamatan dan pelayanan, meskipun jumlah sarana tidak sebanyak saat kondisi normal sebelum adanya pandemi Covid-19," ujarnya.

Di samping itu, dua menteri telah mengecek kesiapan di Bandara Soekarno-Hatta dalam menyambut para pemudik dengan moda transportasi pesawat.

AP II hari ini sudah akan bersiap menerima kedatangan pemudik untuk arus balik. Pergerakan penumpang pada hari ini, Rabu (4/5/2022), diprediksi mencapai sekitar 160.000 penumpang. Volume tersebut diprakirakan juga meningkat hingga puncak arus balik yakni Sabtu (7/5/2022) sampai dengan Senin (9/5/2022).

Pada Sabtu, jumlah pergerakan penumpang secara kumulatif di 20 bandara AP II diperkirakan mencapai 166.312 orang. Jumlah pergerakan lalu diprediksi memuncak pada Minggu (8/5/2022) sebanyak 199.857 orang, dan sebanyak 179.542 orang pada Senin (9/5/2022).

Untuk itu, Awaluddin mengimbau agar para pemudik dapat melakukan perjalanan arus balik lebih awal sehingga tidak terkonsentrasi pada 7-9 Mei.

"Pada arus balik, AP II fokus pada kelancaran proses kedatangan penumpang antara lain pada pengaturan kedatangan pesawat, pengambilan bagasi [baggage claim] dan transportasi darat [bus, taksi dan sebagainya]," imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerbangan angkasa pura ii Mudik Lebaran
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top