Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warren Buffett Akumulasi Saham Activision, Cari Cuan Jelang Diakuisisi Microsoft?

Saat ini Buffet memiliki 9,5 persen saham Activision, Jika Microsoft menyelesaikan akuisisi perusahaan video game ini, Buffet berpotensi meraih capital gain hingga US$1 miliar.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 01 Mei 2022  |  11:25 WIB
Warren Buffett Akumulasi Saham Activision, Cari Cuan Jelang Diakuisisi Microsoft?
Chairman dan CEO Berkshire Hathaway Inc. Warren Buffett ketika menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Berkshire Hathaway Inc. di Omaha, Nebraska, AS, Minggu (6/5/2019). - Bloomberg/Houston Cofield
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Investor kawakan Warren Buffett mengungkapkan bahwa perusahaannya, Berkshire Hathaway, saat ini memegang sekitar 9,5 persen saham Activision Blizzard Inc.

Dilansir dari Bloomberg, Warren Buffett mengakumulasi saham Activision di tengah proses akuisisi perusahaan video game tersebut oleh Microsoft Corp. senilai US$69 miliar yang tengah berlangsung.

Buffett mengungkapkan hal ini pada Sabtu (30/4/2022) di sela-sela pertemuan tahunan Berkshire Hathaway Inc di Omaha, Nebraska. Pada akhir 2021, Berkshire memiliki sekitar 1,87 persen saham Activision, yang sebagian diakuisisi oleh salah satu deputi investasi Buffett, Todd Combs atau Ted Weschler.

Forbes melaporkan, 9,5 persen saham yang dimiliki Berkshire bernilai US$5,6 miliar dengan harga rata-rata US$80 per saham. Nilai tersebut jauh di bawah tawaran yang diberikan Microsoft untuk akuisisi tersebut senilai US$95 per saham.

Dengan begitu, pria dengan julukan 'Oracle of Omaha' ini berpotensi mendapatkan capital gain hingga US$1 miliar saat kesepakatan akuisisi terlaksana.

Buffett kerap kali membeli saham dengan tujuan spekulasi sebelum kesepakatan merger dan akuisisi. Sebelumnya dia berinvestasi di Red Hat Inc., yang dibeli oleh International Business Machines Corp. Dia juga pernah bertaruh pada Monsanto Co., yang diakuisisi Bayer AG.

“Ini adalah pembelian saya, bukan manajer yang membelinya beberapa bulan lalu. Jika kesepakatan berhasil, kami menghasilkan uang dan jika kesepakatan tidak berhasil, siapa yang tahu apa yang terjadi," kata Buffett, dikutip Bloomberg, Minggu (1/5/2022).

Microsoft mengumumkan rencana mengakuisisi Activision pada bulan Januari. Jika kesepakatan ini terlaksana, Microsoft akan menjadi sebagai perusahaan video-game terbesar ketiga berdasarkan pendapatan.

Sebelumnya, pemegang saham Activision menyetujui nilai penjualan US$69 miliar ke Microsoft pada Kamis (28/4). Namun, sejumlah pihak memperkirakan abahwa penegak antimonopoli Presiden Joe Biden dapat menolak kesepakatan tersebut.

Pada perdagangan Jumat (29/4), saham Activision ditutup di level US$75,60 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

microsoft akuisisi warren buffett
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top