Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Mudik Lebaran, Penumpang Bus Padati Terminal Poris Plawad

Jumlah pemudik paling banyak adalah tujuan Jawa Tengah, Solo. Sementara itu, untuk Pulau Sumatra, tujuan paling banyak ke Padang.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 29 April 2022  |  22:48 WIB
Mudik Lebaran, Penumpang Bus Padati Terminal Poris Plawad
Pemudik sedang menunggu bus berangkat ke tujuan Solo dan Padang di Terminal Poris Plawad. - Nabila Dina Ayufajari
Bagikan

Bisnis.com, TANGERANG - Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik Lebaran berlangsung pada Jumat malam, 29 April 2022, seiring berlangsungnya cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah.

Kepala Terminal Poris Plawad, Alwien Athena Alwie mengungkapkan lonjakan jumlah penumpang terlihat sejak tanggal 25 April -28 April 2022. Masyarakat mulai berani mudik, seiring dengan pelonggaran aturan kebijakan Covid-19 yang dilakukan oleh pemerintah.

Adapun kondisi Terminal Poris Plawad Kota Tangerang terpantau padat. Alwien membeberkan bahwa pada 25 April ada 1.044 penumpang yang telah berangkat menggunakan 211 bus, lalu pada 26 April ada 1.069 penumpang dengan keberangkatan 221 bus.

Selanjutnya, pada 27 April terdapat 1.577 penumpang yang berangkat mudik menggunakan 254 bus dan 28 April terdapat 1858 penumpang dengan keberangkatan 256 bus. Dia menuturkan jumlah pemudik pada tahun ini lebih banyak bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Ini tuh bertahap meningkatnya,” kata Alwien saat ditemui tim Bisnis.com di Terminal Poris Plawad, Jumat (29/4/2022).

Dia pun menjelaskan penumpang yang berangkat dari Terminal Poris Plawad didominasi oleh pemudik dengan tujuan Jawa Tengah dan Sumatra. “Paling banyak itu tujuan ke Jawa Tengah, Solo. Untuk Pulau Sumatra, tujuan paling banyak ke Padang,” ujar Alwien.

Adapun, Alwien bercerita bahwa ketika arus mudik, ramai penumpang terjadi di setiap jam keberangkatan bus, baik pagi, siang, dan sore.

Namun, tidak menutup kemungkinan para pihak dari terminal mengantisipasi jika seketika terjadi lonjakan penumpang. Pihak terminal dan para agen bus mengupayakan segala cara agar masyarakat merasa nyaman dan aman ketika mudik.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak agen agar mereka mengkondisikan dan mengantisipasi kejadian seperti ini (lonjakan penumpang) dengan cara mereka koordinasikan dengan perusahaan masing-masing. Supaya mereka, misalkan, menggunakan bus cadangan atau bus pariwisatanya,” terang Alwien.

Dia pun mengimbau, bagi para pemudik untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Dengan demikian, aktivitas mudik dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan sehat hingga kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mudik pemudik terminal bus
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top