Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Link CCTV Pantau Arus Mudik Lebaran 2022

Setidaknya ada 3 link yang bisa Anda manfaatkan untuk memantau arus mudik via CCTV ini
CCTV/telegraph.co.uk
CCTV/telegraph.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu cara memantau arus mudik selama lebaran adalah melalui pantauan CCTV.

Selain juga tentunya dari pemberitaan di media massa dan media sosial.

Dengan memantau CCTV, Anda bisa memantau kondisi secara langsung arus mudik jika terjadi kemacetan, ataupun kecelakaan.

Setidaknya ada 3 link yang bisa Anda manfaatkan untuk memantau arus mudik via CCTV ini berikut: 

1. RTTMC Kementerian Perhubungan

Untuk memberikan info-info terkini seputar mudik pada Lebaran, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat membentuk Road Transport & Traffic Management Center (RTTMC).

Melalui RTTMC, pemudik dapat mengetahui info lalu lintas terkini serta lokasi yang dibutuhkan pemudik pada saat mudik. Selain itu, RTTMC menyediakan peta mudik terbaru serta memuat sekitar 40 CCTV secara real time.

Adapun link live CCTV yang bisa dipantau adalah sebagai berikut

http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/livecctv#

2. Jasa Marga Live Streaming

Ini merupakan layanan aplikasi pantauan arus lalu lintas yang dimiliki Jasa Marga untuk pengguna ruas tol  yang dioperasikannya.

Aplikasi ini, bisa didownload di playstore dan juga di iOs.

3. NTMC Polri

NTMC Polri adalah Pusat Pengendali Lalu Lintas Nasional Kepolisian Republik Indonesia yang berfungsi sebagai pusat kendali informasi dan komunikasi yang mengatur lalu lintas di Indonesia, yang operasional sehari-hari dilaksanakan oleh Bagops Korlantas Polri.

NTMC Polri mengintegrasikan sistem informasi ke lima pemangku kepentingan bidang lalu lintas (Polri, Kementerian Pekerjaan Umum, Perhubungan, Perindustrian, dan Riset Teknologi).

NTMC Polri yang dibangun sejak tahun 2009 hingga sekarang (tahun 2020) sudah terdapat 15 (lima belas) Polda yang memiliki RTMC, dan 23 (dua puluh tiga) TMC Polres yang tergelar. Untuk melayani masyarakat secara luas, masih diperlukan untuk pengembangan dan pembangunan baik RTMC di Polda dan TMC di Polres.

Pengembangan operasional Regional Traffic Management Center (RTMC) dan Traffic Management Center (TMC) merupakan kelanjutan dari pengembangan operasional National Traffic Management Centre (NTMC).

Peran RTMC adalah sebagai pusat pengendalian pelaksanaan kegiatan operasional fungsi lalu lintas di wilayah (Polda) dalam memberikan pelayanan Informasi, sehingga dapat terjalin suatu komunikasi, koordinasi dan kendali, terhadap informasi dan data yang di terima, diolah dan disalurkan kepada instansi maupun masyarakat yang memerlukan, dan terkoneksi dengan NTMC Korlantas Polri.

NTMC telah dipasang kamera 425 CCTV di selumlah lokasi di Pulau Sumatera (Polda Sumut, Riau, dan Sumsel), Jawa (semua Polda), Pulau Bali, Pulau Kalimantan (Polda Kaltim dan Kalbar diperbatasan Entikong dengan Malaysia), Pulau Sulawesi (Polda Sulsel) dan di Kepulauan Malut, CCTV ATMS (61 unit) dan CCTV ATMC (152 unit), ditambah dengan CCTV Integrasi instansi terkait sebanyak 1427 CCTV, milik Tol Jakarta-Cikampek, Tol Jagorawi, Comander center Polda Sumsel, CCTV Ring 1 dan 4 milik Paspamres, CCTV Dishub DKI Jakarta, CCTV Kemayoran, CCTV BPTJ, CCTV Tol Waskita (Kanci-pemalang-pejagan-batang), CCTV Pemkot Surabaya dan CCTV Pemkot Jatim

Dehingga total CCTV Korlantas Polri sebanyak 2.056 unit yang seluruhnya telah terintegrasi oleh NTMC Polri. Kamera pemantau itu antara lain tersebar di berbagai titik rawan macet dan gangguan keamanan dan aktif termonitor selama 24 jam. Untuk kepentingan kendali operasi, NTMC di Korps Lalu lintas Polri juga dilengkapi dengan teknologi informasi berbasis geografis atau Geographic Information Sistem (GIS) yang mampu menampilkan data secara akurat sesuai kondisi per wilayah.

Selain itu operasional NTMC didukung dengan teknologi, seperti CCTV, GIS, GPS, Internet, Database online, SMS, Faximile, Telepon, HT, Layar monitor dan berbagai program komputer agar dari NTMC kegiatan K3-I dapat diimplementasikan secara optimal, yaitu terjadinya quick respontime (kecepatan pengamanan, pelayanan masyarakat).

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di Playstore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper