Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

15 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Selama mudik lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Simak tips aman terhindar dari pencurian dan kebakaran.
1

Lepas gas dari regulator, bersihkan rumah, dan sediakan alarm kebakaran

Pemudik pergi dari Jakarta menuju kampung halaman saat Lebaran. Simak tips aman mudik dengan meninggalkan rumah tetap aman/ANTARA
Pemudik pergi dari Jakarta menuju kampung halaman saat Lebaran. Simak tips aman mudik dengan meninggalkan rumah tetap aman/ANTARA
Bagikan
  1. Membayar Listrik

Bagi pelanggan pasca bayar, anda perlu listrik di awal bulan. Tepatnya, sebelum tanggal 20. Hal ini agar terhindar dari denda keterlambatan dan pemutusan listrik akibat keterlambatan pembayaran. Sebab tentunya, pemudik tidak ingin pulang ke rumah mendapati listrik mati.

Sementara itu, jika anda menggunakan listrik prabayar, pastikan token listrik sudah terisi cukup hingga akhir masa mudik, agar lampu penerangan rumah tetap menyala dan alarm token kwh meter tidak berbunyi. Jika token habis, akan muncul bunyi peringatan yang cukup mengganggu tetangga.

  1. Mematikan Kompor dan Melepaskan Gas dari Regulatornya

Ketika akan pulang ke kampung halaman, matikan kompor dan peralatan memasak lainnya. Sebelum benar-benar pergi, anda harus lepaskan gas dari regulator-nya guna menghindari kebocoran. Selanjutnya, regulator perlu dengan plastik agar sisa gas pada selang yang bisa memicu keluarnya gas penyebab kebocoran dan kebakaran.

  1. Mengosongkan Penampung air

Mengosongkan bak air, ember, atau wadah penampungan air merupakan cara untuk mencegah air menjadi tempat bertelurnya nyamuk dan sarang penyakit. Selain ditutup, ember dan wadah sebaiknya dibalik posisinya. Dengan demikian, anda dapat mencegah penyakit akibat gigitan nyamuk seperti demam berdarah saat mudik.

  1. Mematikan Keran/Aliran Air

Membiarkan aliran air tetap menyala selama rumah ditinggalkan beberapa hari merupakan tindakan pemborosan. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keran tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia. Selain menyebabkan pembengkakan tagihan air, air yang dibiarkan mengalir akan menyebabkan genangan dan dapat menjadi sarang nyamuk.

  1. Membersihkan Rumah

Luangkan waktu anda sejenak untuk membersihkan rumah sebelum ditinggal pergi dalam waktu yang lama. Lubang pembuangan pada saluran kamar mandi, tempat cuci piring, dan beberapa saluran air lainnya, juga harus ditutup untuk mencegah bau tidak sedap masuk ke dalam rumah dan menghindari masuknya serangga, cacing, hingga ular.

Jika kondisinya kotor, rumah akan rentan didatangi binatang kecil, seperti nyamuk, lalat, tikus dan kecoa. Apabila ada rumput liar dan tanaman di bagian luar rumah, potonglah terlebih dahulu agar tampak lebih rapi.

  1. Menitipkan Hewan Peliharaan

Jika anda ingin mudik dalam beberapa hari dan tidak memungkinkan untuk membawa serta hewan peliharaan, anda dapat menitipkan hewan peliharaan ke pet shop yang menyediakan jasa penitipan hewan. Menitipkan hewan peliharaan ke pet shop bertujuan agar kesehatan hewan tetap terjaga selama ditinggal mudik lebaran.

  1. Memasang Alarm Kebakaran

Untuk keamanan maksimal selama mudik lebaran, anda dapat memasang alarm kebakaran di rumah, seperti di area lorong dekat kamar tidur, untuk mendeteksi adanya asap yang disebabkan oleh kebakaran. Alarm yang berdering dapat terdengar oleh tetangga sehingga bahaya kebakaran dapat diantisipasi sedini mungkin.

2 dari 2 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah kebakaran Mudik Lebaran pulang kampung
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top