Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

H-10 Lebaran, Tol Trans Jawa Bebas Pekerjaan Konstruksi

Jasa Marga memastikan seluruh pekerjaan konstruksi di Jalan Tol Trans Jawa telah dihentikan pada hari ini guna meminimalisir potensi kemacetan akibat pekerjaan konstruksi dan alat berat.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 22 April 2022  |  19:57 WIB
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman
Foto udara Jalan Tol Trans Jawa ruas Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis (27/8/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) memastikan seluruh pekerjaan konstruksi di Jalan Tol Trans Jawa telah dihentikan pada hari ini atau H-10 Lebaran. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir potensi kemacetan akibat pekerjaan konstruksi dan alat berat.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division Tody Satria menuturkan bahwa sesuai dengan instruksi Badan Pengatur Jalan Tol tentang dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, maka seluruh pekerjaan konstruksi di jalan tol pada H-10 Lebaran harus dihentikan.

"Seharusnya untuk seluruh pekerjaan yang bersifat preservasi kami komit selesai pada H-10. Kami juga akan pastikan dengan tim maintenance agar sesuai dengan keadaan di lapangan," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (22/4/2022).

Adapun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa panjang jalan tol di Pulau Jawa yang sudah beroperasi saat mudik Lebaran 2022 mencapai 1.640 kilometer dengan 96 tempat istirahat dan pelayanan (TIP).

Untuk persiapan arus mudik dilakukan sejumlah pekerjaan seperti pelebaran Jalan Tol Jakarta – Cikampek jalur B KM 67 hingga KM 50 dan penyelesaian Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Selatan yang akan digunakan untuk alternatif arus mudik.

"Untuk memperlancar arus mudik Lebaran, juga dilaksanakan duplikasi Jembatan Ciujung KM 57 Jalan Tol Tangerang – Merak," ujar Basuki.

Basuki menambahkan, pemerintah juga meningkatkan layanan pengguna jalan tol di TIP dengan berbagai fasilitas diantaranya area komersial untuk UMKM, toilet bersih, prasarana yang ramah disabilitas, fasilitas ibadah dan penataan taman.

"Kami minta kepada para BUJT menyiapkan toilet sementara sebanyak-banyaknya, karena mengingat ada sekitar 3,8 juta pemudik yang akan melalui jalan tol, dan sudah 2 tahun tidak mudik pasti antusiasmenya tinggi," imbuhnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

infrastruktur jalan tol jasa marga tol trans jawa
Editor : Aprianus Doni Tolok

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top