Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Profil Wilmar Nabati Indonesia, Permata Hijau Group, dan Musim Mas yang Terjerat Kasus Ekspor Minyak Sawit

Tiga perusahaan ini diduga melakukan aksi curang dalam rangka ekspor minyak sawit, sehingga menyebabkan kelangkaan di dalam negeri.
Petugas PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) mendistribusikan minyak goreng murah kepada pedagang pasar tradisional di wilayah Jakarta/PPI
Petugas PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) mendistribusikan minyak goreng murah kepada pedagang pasar tradisional di wilayah Jakarta/PPI

Bisnis.com, JAKARTA- Kejaksaan Agung menetapkan empat orang menjadi tersangka kasus suap terkait ekspor minyak sawit yang menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng di Indonesia.

Salah satu tersangka adalah, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Indrasari Wisnu Wardhana. “Tersangka ditetapkan empat orang, pertama pejabat eselon 1 pada Kemendag, IWW,” kata Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin dalam konferensi pers, Selasa (19/4/2022).

Burhanuddin mengatakan Wisnu diduga menerbitkan izin ekspor kepada sejumlah perusahaan produsen kelapa sawit secara melawan hukum. Perbuatannya itu mengakibatkan minyak goreng langka di Indonesia dan membuat harganya mahal.

Sementara, tiga tersangka lainnya berasal dari pihak swasta. Mereka adalah Senior Manager Corporate Affair Permata Hijau Group berinisial SMA; Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia MPT; dan General Manager PT Musim Mas berinisial PT.

PT Wilmar Nabati Indonesia merupakan perusahaan yang telah berdiri sejak 1989. Sebelumnya, perusahaan ini bernama Bukit Kapur Reksa (BKR).

Sejak semula, perusahaan bergerak di bidang produksi minyak goreng. Sejak awal, perusahaan berbasis di Dumai, Riau yang memudahkan aktivitas WINA dalam melakukan ekspor produksi yang didukung fasilitas dermaga.

Bahkan, saat ini WINA disebut-sebut sebagai perusahaan dengan kelolaan perkebunan sawit terbesar di dunia, terutama berlokasi di Indonesia dan Malaysia. WINA merupakan bagian dari Wilmar International Group yang identik dengan Konglongmerat Martua Sitorus.

Sejauh ini, WINA mengelola perkebunan sawit yang tersebar di Sumatra dan Kalimantan. Wilmar pun dalam produk hilir hadir dengan minyak goreng merk Sania Royale dan Fortune.

Sama halnya dengan WINA, PT Musim Mas pun merupakan perusahaan yang telah lama bergerak di bidang produksi dan pengolahan minyak sawit. Musim Mas, tercatat telah berdiri sejak 1972.

Hingga kini, Musim Mas Group dikenal sebagai pemain sektor sawit yang terintegrasi. Perusahaan memiliki perkebunan, pabrik pengolahan, kilang, pabrik penggilingan inti sawit, oleokimia, dan lemak khusus. Perusahaan mengklaim sebagai eksportir minyak sawit terbesar di Indonesia.

Di hilir, Musim Mas dikenal dari merk minyak goreng Sunco, Tani, dan M&M. Perusahaan juga memproduksi biodiesel.

Sementara itu, Permata Hijau Group (PHG) adalah perusahaan sawit yang hadir sejak 1984. Bisnis utama perusahaan adalah perkebunan dan pengolahan sawit. Perusahaan mendistribusikan produk minyak goreng bermerk Permata, Palmata, Panina, dan Parveen.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper