Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dikritik Karena jadi Jubir G20, Maudy Ayunda Masuk Daftar Inspiring Women 2022

Penyanyi Ayunda Faza Maudya atau yang dikenal sebagai Maudy Ayunda menjadi salah satu dari lima wanita Indonesia yang disoroti dalam Inspiring Women Forbes Indonesia edisi April 2022.
Ni Luh Anggela
Ni Luh Anggela - Bisnis.com 18 April 2022  |  18:10 WIB
Dikritik Karena jadi Jubir G20, Maudy Ayunda Masuk Daftar Inspiring Women 2022
Jubir Presidensi G20 Maudy Ayunda. - Youtube Setkab RI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Penyanyi Ayunda Faza Maudya atau yang dikenal sebagai Maudy Ayunda menjadi salah satu dari lima wanita Indonesia yang disoroti dalam Inspiring Women Forbes Indonesia edisi April 2022.

Adapun keempat wanita lainnya adalah Febriany Eddy, Carina Joe, Ira Noviarty, dan H. E. Fientje Maritje Suebu.

Forbes Indonesia, dalam unggahan Instagramnya menuliskan Inspiring Women Forbes Indonesia akan menyoroti kelima kisah wanita tersebut dalam berbagai disiplin ilmu dan lapisan masyarakat yang berbeda, dari ilmuwan, aktris hingga pengusaha sukses.

Forbes Indonesia menjelaskan, kelima wanita tersebut dipilih berdasarkan pencapaian, konsistensi dan kontribusi mereka kepada masyarakat.

Tak hanya dikenal sebagai penyanyi, Maudy Ayunda pada 31 Maret lalu ditunjuk sebagai juru bicara G20 Indonesia. Penunjukkan Maudy diharapkan dapat menjangkau masyarakat luas, khususnya generasi milenial dan generasi Z.

Kendati demikian, penunjukkan Maudy Ayunda sebagai juru bicara G20 menuai kritik.

Akademisi dan peneliti ilmu politik menilai, Maudy Ayunda tak memiliki pengalaman diplomatik atau ekonomi dan penunjukannya hanyalah  sebagai upaya pemerintah untuk terhubung dengan generasi muda Indonesia.

Salah satunya, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Airlangga Irfan Wahyudi mengatakan, penunjukkan Maudy masuk akal lantaran Maudy merupakan lulusan luar negeri dan pemerintah berupaya untuk menciptakan panutan bagi generasi muda.

Kendati demikian untuk G20 dia menilai negara membutuhkan perwakilan yang dapat berbicara tentang isu-isu global atas namanya.

“Dalam hal ini, pemanfaatan anak muda akan dilihat sebagai gimmick, bukan sebagai fungsi strategis.” kata dia, mengutip Bloomberg, Senin (18/4/2022).

Mantan Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli menyayangkan kritikan yang dilontarkan para akademisi dan peneliti ilmu politik. Melalui akun Twitternya, Rizal menuliskan bahwa kritikan yang dilontarkan agak terlalu keras dan sinis.

Menurut dia, Maudy Ayunda yang cerdas dan terpelajar dapat belajar dan diberi arahan oleh penasihat kebijakan luar negeri senior.

"Agak terlalu keras dan sinis. Maudy Ayunda cerdas, terdidik, dan pandai berbicara. Fakta bahwa dia kurang pengalaman & paparan geo-politik, dia dapat belajar dan diberi pengarahan oleh penasihat kebijakan luar negeri senior @maudyayunda," tulis Rizal, dikutip Senin (18/4/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan Maudy Ayunda G20 Indonesia
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top