Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelombang 26 Sudah Dibuka, Ini Tips Agar Lolos Program Kartu Prakerja

Bagi Anda yang ingin mencoba program kartu prakerja, maka perhatikan tips agar lolos program kartu prakerja.
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id
Tampilan situs resmi Kartu Prakerja www.prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Program Kartu Prakerja kini sudah dibuka sebanyak 26 gelombang, sejak pertama kali digelar pada 2020 lalu. Kendati demikian, masih saja ada calon yang tak lolos mendaftar program Kartu Prakerja.

Program Kartu Prakerja melalui laman Instagramnya membagikan setidaknya enam poin yang perlu diperhatikan saat calon peserta melakukan pendaftaran.

Ini cara agar lolos program Kartu Prakerja:

1. Penuhi semua syarat

Melansir laman Instagram @prakerja.go.id, Senin (11/4/2022), program tersebut ditujukan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Mereka yang menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas  pada BUMN atau BUMD tidak diperkenankan mengikuti program tersebut.

Selain itu, peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah seperti Bansos Kemensos (DTKS), penerima BSU, BPUM atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Syarat lain yang perlu diperhatikan adalah dalam satu Kartu Keluarga, hanya diizinkan maksimal dua anggota keluarga yang dapat menjadi penerima Kartu Prakerja.

2. Mendaftar program menggunakan e-mail dan nomor handphone yang aktif.

3. Pastikan data yang Anda masukkan saat pendaftaran sesuai dengan data Dukcapil.

"Jika data tidak sesuai, kamu dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, e-mail ke [email protected], atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut," tulis mereka, dikutip Senin (11/4/2022).

4. Unggah foto KTP yang jelas

Saat mengunggah foto KTP pakailah kamera handphone Anda, bukan dari galeri. Apabila Anda mengakses melalui komputer, segera lanjutkan pendaftaran melalui browser handphone.

5. Langkah verifikasi foto wajah

Ambil swafoto atau selfie dengan kamera handphone Anda. Pastikan agar wajah Anda terlihat, wajah memenuhi 80 persen dari frame foto (close-up) dengan pencahayaan yang cukup.

Pastikan pula area wajah terlihat jelas tanpa menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, KTP dan lainnya.

Terakhir, izinkan situs perambah untuk mengetahui lokasi Anda dengan tap tombol allow atau izinkan pada saat notifikasi muncul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper