Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Investor Denmark Bakal Bangun Pembangkit Listrik Biomassa 20 MW di Lombok Barat

Danida Sustainable Insfrastruktur Finance (DSIF) akan mengembangkan pembangkit listrik berbasis pengolahan sampah yang biasa disebut biomassa. Investasi dan pembangunan tersebut melibatkan BUMD.
Harian Noris Saputra
Harian Noris Saputra - Bisnis.com 10 April 2022  |  13:59 WIB
Listrik biomassa - Istimewa
Listrik biomassa - Istimewa

Bisnis.com, MATARAM - Investor asal Denmark Danida Sustainable Insfrastruktur Finance (DSIF) bakal membangun pembakit listrik biomassa atau berbahan bakar sampah di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 

DSIF akan berkolaborasi dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Gerbang NTB Emas (GNE) dalam pembangunan pembangkit. Direktur Utama PT GNE Samsul Hadi menjelaskan investor sudah melakukan tahap feasibility study atau studi kelayakan selama 6 bulan. 

"Studi kelayakan yang dilakukan dari kesiapan lokasi hingga ketersediaan sampah yang menjadi bahan baku pembangkit, jumlah sampah yang dibutuhkan mencapai 600 ton per hari, jumlah tersebut belum mampu dipenuhi oleh Tempat Pembuangan Akhir Regional (TPAR) Kebon Kongok, Lombok Barat, jadi skemanya akan mengoptimalkan pengumpulan sampah hingga desa seperti sampah pertanian," jelas Hadi kepada media pada Minggu (10/7/2022). 

Pembiayaan pembangunan pembangkit disiapkan oleh DSIF selaku investor, dan bekerjasama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). "Skema pembiayaannya 35 Persen dari hibah dan 65 persen berupa pembiayaan lunak yang pengembaliannya bisa dilakukan setelah 10 tahun pembangkit beroperasi," ujar Samsul. 

Kontrak kerjasama dengan investor direncanakan berlangsung selama 20 tahun. Pembangunan fisik dimulai pada 2023 dan ditargetkan rampung dan beroperasi pada 2025. Pihak investor juga telah berkomunikasi dengan pemerintah pusat, PLN NTB, Pemda NTB untuk memuluskan proyek tersebut.

"Pembangunan pembangkit biomassa bagian dari komitmen NTB dan investor membangun energi ramah lingkungan sehingga perlu kerjasama semua pihak," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumd ntb biomassa
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top