Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Black Stone Siap Bersaing dengan Garuda (GIAA) Layani Haji dan Umrah

Black Stone Airline siap bersaing dengan Garuda Indonesia dalam menyasar pasar penerbangan haji dan umrah.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 07 April 2022  |  16:53 WIB
Ilustrasi calon jemaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Ilustrasi calon jemaah umrah di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (27/2/2020). Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Black Stone Airline akan mengoperasikan sebanyak 20 penerbangan per pekan untuk melayani pasar haji dan umrah di Indonesia bersama dengan PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA).

Presiden Direktur RGA-Black Stone Airline Zack Isaak menjelaskan rute ke Arab Saudi ini dibuka dengan kerja sama antarpemerintah dan didukung oleh Kementerian Perhubungan Indonesia.

Dalam persiapan operasinya pada kuartal III/2022, Blackstone menargetkan untuk mengoperasikan 20 penerbangan per minggu menggunakan 4 unit pesawat A330. Dengan demikian, total kapasitas yang dapat dilayani adalah sebanyak 350 penumpang.

“Terkait dengan persaingan, kami menilai tingkat permintaan haji dan umrah saat ini lebih tinggi dibandingkan dengan penawaran untuk segmen pasar ini yang saat ini juga dilayani oleh maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia [GIAA],” ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (7/4/2022).

Pihaknya pun kini juga terus memantau perkembangan kasus Covid-19 di berbagai belahan dunia dan dia tengah memastikan agar layanan penerbangan tersebut dioperasikan dengan tingkat risiko terendah.

“Selain penerbangan umrah dan haji, kami juga akan berekspansi mengoperasikan rute langsung China-Indonesia,” imbuhnya.

Sebelumnya, Isaak berencana melebarkan sayapnya ke rute penerbangan penumpang, menuju Arab Saudi untuk melakukan ibadah umrah dan haji pada kuartal III/2022. Guna mendukung rencana tersebut, RGA-Black Stone Airline tengah mempersiapkan empat unit pesawat penumpang A330.

“Sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, lebih dari 50.000 orang melakukan haji, sementara 1,5 juta umrah dari Indonesia setiap tahunnya. Menetapkan rute penerbangan penumpang untuk program haji dan umrah dengan demikian akan menjadi pasar yang menguntungkan bagi RGA-Black Stone Airlines,” ujarnya melalui keterangan resmi, Selasa (5/4/2022).

Menurutnya, program penerbangan umrah dan haji hanyalah salah satu dari beberapa rencana RGA-Black Stone Airlines memperluas pasar penerbangan Indonesia. Sementara itu, proposal untuk memasuki pasar China saat ini sedang dibahas.

Maskapai yang tergabung dalam jaringan Asia Cargo ini lebih dulu ekspansif di pasar Indonesia lewat penerbangan kargo. Maskapai ini juga telah Air Operator Certificate (AOC) kedua yang baru disetujui di Indonesia pada 28 Maret 2022 dengan penerbangan perdana pemberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) di Jakarta.

Penerbangan tersebut kemudian menuju Bandara Internasional El Tari (KOE), yang dilanjutkan ke Bandara Internasional Komodo (LBJ).

RGA-Black Stone Airlines berupaya memperbesar potensi di pasar domestik Indonesia dengan menawarkan transportasi kargo udara lokal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Garuda Indonesia giaa umrah maskapai penerbangan
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top