Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Daftar Bansos yang Cair April 2022: BLT Minyak Goreng hingga BSU

Simak daftar bantuan sosial (bansos) yang cair pada April 2022. Mulai dari Program Keluarga Harapan (PKH), BLT minyak goreng, hingga Bantuan Subsidi Upah (BSU).
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 06 April 2022  |  12:02 WIB
Seorang warga di Jawa Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah selama pandemi Covid-19 - Antara
Seorang warga di Jawa Barat menerima bantuan langsung tunai (BLT) yang diberikan oleh pemerintah selama pandemi Covid-19 - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 memang sudah mereda, tetapi Indonesia tah justru menghadapi ancaman baru. Pemerintah kembali mendistribusikan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat. Simak daftar bansos yang akan cair pada April 2022.  

Kementerian Sosial (Kemensos) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng sebesar 300 ribu kepada masyarakat pada April 2022. Penyaluran BLT minyak goreng ini akan dilakukan bersamaan dengan penyaluran bansos lainnya, yaitu Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

“[Bansos] Sembako pertama di awal April akan segera disalurkan. Yang di bulan April dan bulan Mei ditarik ke tanggal 21 April, sembako BPNT nanti akan disatukan dengan BLT minyak goreng termasuk PKH juga, ritmenya seperti itu,” jelas Harry Hikmat selaku Sekjen Kemensos dalam Konferensi Rakornas Pemenuhan Hak Penandang Disabilitas pada Selasa (5/4/2022).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginformasikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan minyak goreng sebesar Rp 100 ribu setiap bulannya. Bantuan tersebut akan diberikan untuk 3 bulan sekaligus yang akan dibayar sekaligus pada Bulan ini.

Pemerintah akan memberikan bantuan tersebut untuk 3 bulan sekaligus, yaitu pada April, Mei dan Juni yang akan dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu.

Berikut daftar bansos yang akan cair pada April 2022

1. Progam Keluarga Harapan

Melalui Kementerian Sosial, Pemerintah masih memberikan bantuan sosial berupa Program Keluarga Harapan (PKH) , diperuntukan bagi masyrakat kurang mampu yang terdaftar di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau (DTKS). Penerima bansos PKH akan mendapatkan bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan atau Rp600 per tiga bulan.

Dikutip dari laman kemensos.go.id, untuk mendapatkan fasilitas bansos PKH, seseorang harus terlebih dahulu tercantum dalam daftar DTKS. Masyarakat dapat mendaftar dan melakukan pengajuan nama ke Desa atau kelurahan satuan tinggal setempat dengan cara:

  • Membawa beberapa identitas berupa KTP dan KK
  • Perangkat desa melakukan verifikasi terkait tingkat kelayakan mendapatkan bansos
  • Perangkat desa mengajukan permohonan tertulis kepada Dinas/instant Sosial
  • Dinas/Instansi Sosial menyiapkan data dan membuat BAST
  • Permohonan menandatangani BAST dan menerima data
  • Hasil Penggunaan data oleh Perangkat Daerah dilaporkan kepada Menteri


Setelah itu, Anda baru bisa melakukan pendaftaran ke DTKS Kemensos secara online dengan menyiapkan:
Siapkan KTP dan KK. Unduh aplikasi cek bansos di Play Store atau kunjungi laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/

Dana yang dianggarkan oleh pemerintah untuk pelaksanaan program Bansos PKH mencapai angka Rp 28,7 triliun dengan target 10 juta penerima bansos yang disasarkan kepada:

  • Ibu Hamil dan anak usia dini 0-6 tahun Rp3 juta
  • Anak usia SD Rp900 ribu
  • Anak usia SMP Rp1,5 juta
  • Anak Usia SMA Rp2 juta
  • Penyandang disabilitas berat Rp2,4 juta
  • Usia lanjut mulai 70 tahun Rp2,4 juta.


2. Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)

Bantuan Sosial berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau kartu sembako dijadwalkan kembali cair pada bulan April 2022. Mekanisme penyaluran bantuan ini yakni dicairkan sekaligus untuk interval waktu 3 bulan ke depan. Dengan rincian perolehan bansos perbulan Rp200 ribu, sehingga penerima akan menerima nominal bansos sebesar Rp600 ribu sekaligus.

Bantuan sosial ini akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga yang Namanya tercantum dalam portal Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Dan pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp. 45,12 triliun untuk keperluan bantuan sosial ini.

Adapun Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai penerima manfaat 2022 dapat mengakses laman resmi dtks.kemensos.go.id. Setelah nama Anda tercantum dalam portal DTKS barulan Anda dapat mengajukan usulan untuk mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dengan cara sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Cek Bansos di Play Store atau kunjungi laman https://cekbansos.siks.kemsos.go.id/
  • Apabila belum memiliki akun, pilih menu Buat Akun Baru
  • Setelah aktivasi, masuk ke dalam akun
  • Pilih menu Daftar Usulan. Pemilik akun dapat mendaftarkan dirinya, keluarga, atau masyarakat lain atau fakir miskin lain
  • Isi data sesuai dengan data kependudukan (KTP dan KK)
  • Pada menu Pilih Jenis Bantuan Sosial dapat diisi bila NIK sudah terdaftar pada DTK
  • Selesai

3. Kartu Prakerja Gelombang 25

Pemerintah kembali melanjutkan Program Kartu Prakerja yang skemanya memang diperuntukan semi-bansos pada tahun 2022. Hal tersebut kembali dilancarkan mengingat antusiasme dan dampak positif yang bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Program ini juga dinilai berhasil sepanjang 2021.

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 25 telah dibuka sejak tanggal 29 Maret 2022 dan berakhir pada 3 April 2022 lalu. Para peserta yang lolos nantinya akan mendapatkan BLT sebesar Rp 2,55 juta yang akan dicairkan langsung ke rekening.

Secara lebih lanjut, berikut cara cek hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 25.

  • Masuk ke lama prakerja.go.id
  • Log in ke akun Kartu Prakerja dengan menggunakan email serta password yang sudah terdaftar
  • Lakukan pengecekkan pada dashboard akun Kartu Prakerja
  • Apabila lolos, pendaftar diharuskan menyimak tiga video tentang Kartu Prakerja untuk dapat melihat nomor kartu prakerja, barulah selanjutnya bisa mendapatkan bansos Kartu Prakerja gelombang 25.

4. BLT Minyak Goreng

BLT minyak goreng ini ditujukan kepada 20,5 juta keluarga yang terdaftar dalam list penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang menjajakan dagangan gorengan.

Sesuai instruksi yang telah diberkan oleh Presiden Joko Widodo, masyarakat yang berhak dan memenuhi syarat akan mendapatkan dana bantuan minyak goreng selama 3 bulan kedepan, Nantinya para penerima BLT Minyak goreng ini akan mendapat bantuan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Yang mana proses pencairan BLT akan langsung di bayarkan di muka pada bula April sebesar Rp300 ribu.

5. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Pemerintah masih berencana memberikan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada seluruh pekerja yang memiliki pendapatan bulanan di bawah Rp 3,5 juta. Pemerintah siap mendistribusikan BSU kali ini untuk 8,8 juta pekerja dengan total anggaran Rp8,8 triliun. 

Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi, skema BSU terbaru rencanannya akan cair pada April 2022. Seperti yang dikertahui bersama, program Bantuan Subsidi Upah pernah diberikan oleh pemerintah kepada para pekerja terdampak Covid-19 dengan gaji di bawah Rp5 Juta rupiah dengan besaran bantuan yang didapat saat itu adalah Rp600 ribu.

Anwar Sanusi memastikan bahwa Program BSU akan dilanjutkan pada 2022. Bahkan, pemerintah juga memperluas jumlah penerima Bantuan Subsidi Upah serta menambah besaran bantuan yang akan diberikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi blt bansos program keluarga harapan (pkh)
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top