Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Mudik, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Bisa 150.000 Orang

AP II memperkirakan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta bisa mencapai 150.000 orang saat puncak mudik.
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2
Ruang Tunggu Bandara Soekarno Hatta. /AP2

Bisnis.com, JAKARTA – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II memperkirakan lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran 2022 akan terjadi pada H-3 sebelum Idulfitri dengan sebanyak 140.000–150.000 penumpang per hari.

Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno Hatta M. Holik Muardi menjelaskan selama 10 hari terakhir pada akhir Maret 2021, jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta telah menunjukkan peningkatan signifikan hingga di atas 100.000 penumpang per hari dibandingkan dengan pada pekan sebelumnya yang rata-rata mencapai di bawah 80.000 penumpang per hari.

Holik mengeklaim kapasitas penumpang tersebut sudah mencapai 75 persen dibandingkan dengan sebelum level pra pandemi. Sebagai gambaran, dalam kondisi normal sebelum pandemi, jumlah penumpang di bandara tersibuk di Indonesia ini bisa mencapai 200.000 per hari.

Mengantisipasi lonjakan arus mudik tersebut, AP II telah mempersiapkan skenario untuk mengaktifkan kembali terminal 1A dan 1B yang sempat ditutup sejak pandemi. Skenario pengaktifan kembali tersebut dengan berdasarkan kondisi jumlah penumpang per hari.

“Pada Lebaran apabila penumpang di atas 100.000 per hari kami buka terminal 1A untuk memecah kepadatan penumpang di terminal II mulai April ini. Kemudian kalau penumpang di atas 150.000 penumpang per hari, akan dilanjutkan dengan mengoperasikan terminal 1B,” ujarnya, Senin (4/4/2022).

Saat ini terminal 1A sudah kembali diaktifkan sejak 1 April 2022. Sejumlah maskapai juga sudah berkoordinasi untuk melayani penerbangan lewat terminal tersebut. Sejumlah maskapai tersebut di antaranya segera membuka layanannya kembali yakni Super AirJet, disusul Sriwjaya Air, Nam Air AirAsia.

Dia berharap hal tersebut dapat mengurai kepadatan terminal 2D dan 2E sehingga penumpang lebih nyaman. Sementara untuk terminal IB, Holik menyebut masih perlu dibicarakan lebih lanjut maskapai mana yang akan mengoperasikan layanannya.

“Puncak arus mudik H-3 sebelum Idulfitri 140.000-150.000 penumpang. Sementara untuk arus balik dari daerah ke Jakarta sekitar H+5. Kalau jumlah penumpang lebih dari yang diharapkan, setelah terminal 1A, kami juga akan mengoperasikan n terminal 1B.

Sementara itu, PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I memprediksikan peningkatan penumpang di 15 bandara yang kelolaan mencapai 30 persen dari rata-rata penumpang harian selama periode Lebaran 2022.

VP Corporate Secretary AP I Handy Heryudhitiawan menuturkan saat ini jumlah penumpang harian telah mencapai 140.000 penumpang per hari.

"Kami berharap pelaksanaan mudik Lebaran pada 2022 ini dapat membawa dampak yang positif bagi industri aviasi dan pariwisata," ujarnya.

Sebagai informasi pada masa pelarangan mudik 2021 lalu Angkasa Pura I mencatat pergerakan penumpang pada periode peniadaan mudik 6 Mei 2021 -17 Mei 2021 hanya sebesar 74.878 penumpang dan trafik penerbangan hanya 2.556 pergerakan pesawat di 15 bandara yang dikelola perusahaan. Adapun untuk trafik penumpang pada musim mudik tahun 2019 mencapai 3,7 juta penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper