Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Progres Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Sudah 68,14 Persen

Kementerian PUPR mencatat progres Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi sudah mencapai 68,14 persen.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 02 April 2022  |  13:23 WIB
Progres Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi Sudah 68,14 Persen
Jalan tol di Gerbang tol Tebing Tinggi - Sei Rampah siap dioperasikan, Sumatra Utara, Minggu (24/3/2019). - ANTARA/Septianda Perdana

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) mencatat pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang 135,45 kilometer (KM) saat ini tengah diselesaikan penyelesaian konstruksinya dengan total progres mencapai 68,14 persen.

Jalan Tol yang menjadi akses pendukung pertumbuhan ekonomi Sumatera Utara dalam meningkatan ekonomi wilayah dari Medan hingga Parapat ini juga menghubungkan beberapa kota serta kabupaten di wilayah Sumatera Utara yakni, Kota Tebing Tinggi, Kab. Batu Bara, Kab. Simalungun, Kota Pematang Siantar, dan Kab. Toba Samosir.

Jalan Tol sepanjang 135,45 km yang memiliki 6 Seksi ini terbagi menjadi Seksi 1 Tebing Tinggi- Inderapura (20,4 km) saat ini progresnya mencapai 88,20 persen, dan Seksi 2 Inderapura - Kuala Tanjung sepanjang 18,05 km progres telah mencapai 65,94 persen.

Kemudian Seksi 3 Tebing Tinggi - Serbelawan sepanjang 30 km progres mencapai 62,68 persen, Seksi 4 Serbelawan - Pematang Siantar sepanjang 28 km dengan progres mencapai 50,76 persen, dan Junction Tebing Tinggi dengan panjang 7,07 km dengan progres mencapai 39,78 persen. Ke-4 Seksi tersebut merupakan dukungan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Hutama Marga Waskita.

Untuk Seksi 1 dan 2 ditargetkan selesai konstruksinya pada akhir 2022, kemudian Seksi 3 dan 4 ditargetkan akan selesai konstruksinya pada pertengahan tahun 2023 mendatang.

Sementara untuk Seksi 5 Pematang Siantar - Seribudolok, Seksi 6 Seribudolok - Parapat yang merupakan dukungan pemerintah dan saat ini masih dalam tahap persiapan.

Jalan Tol Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat yang menjadi akses pendukung menuju pariwisata Danau Toba dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam saja menggunakan Jalan Tol.

Jalan Tol ini juga telah menggunakan penerapan teknologi Building Information Modelling (BIM) yang digunakan untuk mengawasi dan mengatur pekerjaan konstruksi secara makro maupun mikro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol Kementerian PUPR
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top