Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sawit Sumbermas Sarana dan Ecogreen Berkolaborasi Pacu Sawit Berkelanjutan

SSMS pada akhir Maret 2022 ini telah  bekerjasama dengan salah satu mitra perusahaan, yaitu PT Ecogreen Oleochemicals (Ecogreen), dalam program pendampingan sertifikasi Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) kepada pekebun swadaya. 
Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat
Petani membawa kelapa sawit hasil panen harian di kawasan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, Rabu (11/5). Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA- PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) senantiasa menjalankan seluruh rangkaian operasionalnya dengan baik, bisnis yang dilakukan secara berkelanjutan dan selalu mengimplementasikan praktik terbaik (best practice) di industri dan standar keberlanjutan tertinggi.

Salah satunya adalah bekerja sama dengan para pemangku kepentingan yang terkait dengan perseroan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Berkaitan dengan mengimplementasikan hal tersebut, SSMS pada akhir Maret 2022 ini telah  bekerjasama dengan salah satu mitra perusahaan, yaitu PT Ecogreen Oleochemicals (Ecogreen), dalam program pendampingan sertifikasi Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO) kepada pekebun swadaya. 

Menandai terjalinnya kerjasama tersebut, Head of Sustainability SSMS, Henky Satrio W, menyampaikan SSMS mengapresiasi kemitraan antara SSMS dan Ecogreen. ”ini merupakan pertama kalinya bagi SSMS sebagai industri kelapa sawit bekerjasama dengan buyer dalam program pendampingan sertifikasi pekebun swadaya,” ujar Henky di Jakarta, Rabu (30/3/2022).

Kerja sama antara SSMS dan Ecogreen itu menunjukkan kepercayaan buyer terhadap produk SSMS yang telah menerapkan program traceability atau ketelusuran yang dapat dipertanggungjawabkan.

“Perseroan menyadari pentingnya sertifikasi dan perekaman proses rantai pasokan (traceability), ini menjadi poin penting bagi buyer untuk memastikan ketertelusuran dari produk yang dibelinya. Kemitraan ini merupakan kali kedua bagi SSMS menginisasi pekebun swadaya setelah sukses mendampingi Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM) mendapatkan sertifikasi RSPO,” ungkap Henky.

Sebelumnya, SSMS bersama Ecogreen telah mejalin hubungan kerjasama sejak 2021 untuk penyediaan produk turunan kelapa sawit, yakni CPKO yang merupakan produk dari pabrik KCP (kernell crushing plant) yang diproduksi oleh perusahaan refinery terafiliasi SSMS, yaitu PT Citra Borneo Utama (CBU).

Pada kesempatan ini, President Director Ecogreen Oleochemicals, Erwin Sutanto, mengapresiasi SSMS yang telah mendukung penyediaan bahan baku untuk produknya. Erwin mengatakan fokus dari kemitraan ini bagaimana industri sawit dapat menyediakan produk secara berkelanjutan.

Terlebih lagi sawit memberi manfaat bagi jutaan pekebun dalam hal peningkatan kesejahteraan hidup. “Untuk itu sudah menjadi tanggung jawab kita bersama mengedukasi pekebun swadaya agar mereka dapat mengelola kebunnya secara berkelanjutan dan dapat meningkatkan produktifitasnya” ucap Erwin.

Inisiatif kerjasama antara SSMS dan Ecogreen ini diharapkan meningkatkan jumlah pekebun swadaya yang dapat tersertifikasi RSPO dan menjadi percontohan bagi kemitraan antara perkebunan sawit dan buyer di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper