Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rute Domestik Pulih 80 Persen, AirAsia Agresif Buka Rute

Recovery di rute domestik sudah mencapai lebih dari 80 persen. Karena itu, AirAsia optimistis target pemulihan kinerja pada tahun ini bisa digapai.
AirAsia/Bloomberg
AirAsia/Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA -- AirAsia Indonesia memproyeksikan bisa mencetak target kinerja sesuai dengan yang diharapkan pada tahun ini seiring dengan tingkat pemulihan rute domestik yang mencapai 80 persen.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan pemulihan di rute domestik menunjukkan tren yang menggembirakan.

"Recovery di rute domestik sudah mencapai lebih dari 80 persen. Kami optimistis bahwa tingkat permintaan pada tahun ini akan berlanjut seperti yang kami harapkan," ujarnya, Senin (28/3/2022).

Sebagai salah satu bentuk persiapan menghadapi pemulihan, AirAsia Indonesia secara agresif akan meningkatkan kapasitas pasarnya. Maskapai berkode QZ tersebut akan membuka rute-rute yang dapat mendukung pemulihan ekonomi.

Dalama waktu dekat, pihaknya juga berencana untuk mengaktifkan kembali penerbangan menuju Labuan Bajo. Sementara untuk rute internasional, dia sedang merencanakan pembukaan rute ke Singapore, Thailand, serta Perth.

AirAsia Indonesia memperkirakan jumlah penumpang pada ketiga rute internasional antara Indonesia dan Malaysia akan tumbuh signifikan mulai 1 April 2022 ketika Malaysia menerapkan aturan bebas karantina.

Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine mengatakan kebijakan tersebut akan memudahkan warga berwisata ke Indonesia dan kembali ke negaranya tanpa harus karantina. Oleh karena itu, dia juga terus memantau potensi pembukaan rute internasional ke negara lainnya. Secara paralel, AirAsia menggenjot persiapan pesawat dan kru untuk dapat melayani rute-rute baru sewaktu-waktu.

“Kami memperkirakan jumlah penumpang pada ketiga rute internasional antara Indonesia dan Malaysia ini akan tumbuh signifikan mulai 1 April nantinya ketika Malaysia menerapkan aturan bebas karantina,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (27/3/2022).

Terbaru, AirAsia Indonesia telah menerbangkan kembali rute Kuala Lumpur - Surabaya PP mulai 25 Maret 2022. Penerbangan AirAsia Indonesia dengan nomor penerbangan QZ322 berangkat dari Bandara Internasional Juanda pukul 14.20 WIB dan tiba di Kuala Lumpur International Airport 2 pukul 17.45 waktu setempat dengan membawa 36 penumpang. Pesawat kembali dari Kuala Lumpur dengan nomor penerbangan QZ323 pada pukul 18.28 waktu setempat dan tiba di Surabaya pada pukul 20.10 WIB dengan membawa 114 penumpang.

Penerbangan rute Surabaya-Kuala Lumpur PP ini menjadi rute internasional ketiga AirAsia yang telah dibuka kembali di Indonesia selain dari rute Jakarta-Kuala Lumpur, dan Bali-Kuala Lumpur. Mulai 12 April 2022, AirAsia juga akan menerbangkan kembali rute internasional keempat yaitu Bali-Bangkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper