Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Ingin Pastikan Tidak Ada Proyek Mangkrak, Saat Jabatan Jokowi Berakhir

Kementerian PUPR memastikan tidak ada proyek yang mangkrak pada saat kabinet Presiden Joko Widodo berakhir pada 2024.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 24 Maret 2022  |  17:43 WIB
Ilustrasi proyek konstruksi. - Kementerian PUPR
Ilustrasi proyek konstruksi. - Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) akan lebih selektif dalam memulai proyek baru pada tahun depan untuk mencegah adanya proyek mangkrak.

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan pihaknya akan memastikan tidak ada proyek yang mangkrak pada saat kabinet Presiden Joko Widodo berakhir pada 2024.

"Tapi tidak berarti juga kita tidak membangun sesuatu yang baru karena ada target-target yang harus kita penuhi, tapi kita lebih selektif," ujarnya di Bogor, Rabu (23/3/2025).

Dia mengungkapkan Kementerian PUPR tengah menyaring proyek-proyek yang akan dikerjakan melalui pembahasan dengan pemerintah daerah.

Zainal mengatakan pada saat ini pihaknya tengah menyusun rencana kerja untuk periode 2023. Pembahasan itu direncanakan selesai pada akhir tahun.

Lebih lanjut, Zainal mengungkapkan dengan adanya penyaringan itu, maka nantinya akan ada proyek-proyek yang akan menjadi prioritas untuk diselesaikan pada 2024 atau bahkan lebih cepat.

"Kemarin sudah jelas arahan Pak Menteri, kita sisir mana yang harus diselesaikan 2023. Itu yang kita prioritaskan alokasinya," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pemerintah tidak akan memulai proyek infrastruktur baru mulai tahun depan.

Basuki menuturkan, hal tersebut dilakukan guna mengimplementasikan arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan pembangunan infrastruktur dapat selesai pada 2024.

"Kami di Kementerian PUPR mengimplementasikan arahan [presiden] itu, tidak akan ada pembangunan baru pada 2023 kecuali menyelesaikan pembangunan yang kita mulai pada 2022 dan 2023 sehingga kami betul-betul supaya nanti pembangunan siap untuk dimanfaatkan," ujarnya dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi, Selasa (8/3/2022).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi infrastruktur Kementerian PUPR
Editor : Yustinus Andri DP

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top