Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PDAM Tirta Patriot Pasok Air Bersih ke The MAJ Residences Cibubur

Keputusan PT Amarta Gemilang Indotopaz memanfaatkan air perpipaan sejalan dengan peraturan pemerintah untuk tidak menggunakan air tanah karena dikhawatirkan terjadi penurunan permukaan tanah.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 23 Maret 2022  |  11:29 WIB
Penandatanganan perjajian kerja sama penyaluran air bersih antara PDAM Tirta Patriot Bekasi dan PT Amarta Gemilang Indotopaz, pengembang apartemen The MAJ Residences Cibubur, Selasa (23/3/2022). - Istimewa
Penandatanganan perjajian kerja sama penyaluran air bersih antara PDAM Tirta Patriot Bekasi dan PT Amarta Gemilang Indotopaz, pengembang apartemen The MAJ Residences Cibubur, Selasa (23/3/2022). - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Patriot Bekasi akan memasok air bersih ke kawasan apartemen The MAJ Residences Cibubur yang dikembangkan oleh PT Amarta Gemilang Indotopaz. 

PDAM Tirta Patriot Bekasi dan PT Amarta Gemilang Indotopaz telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk penyaluran air bersih pada Selasa (22/3/2022) di Cibubur, Jawa Barat, bertepatan dengan peringatan Ke-30 Hari Air Sedunia.

Dalam perjanjian itu disepakati, PDAM Tirta Patriot Bekasi berkomitmen memberi layanan air bersih ke kawasan apartemen The MAJ Residences Cibubur. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Bekasi Solihat dan Direktur Utama Amarta Gemilang Indotopaz Michael Umboh, serta Direktur Tommy H. Santoso. 

Turut hadir dalam acara tersebut beberapa pejabat PDAM Tirta Patriot Bekasi antara lain Direktur Bidang Teknik Tjetjep Achmadi, Direktur Bidang Umum Muhaimin, dan Direktur Bidang Usaha Ali Imim Faryadi, sedangkan dari PT Amarta Gemilang Indotopaz hadir Direktur Juanto Salim, Direktur Proyek Enggreni Arief, serta jajaran manajemen lainnya.

Menurut Solihat, perjanjian kerja sama dengan pengembang apartemen The MAJ Residences Cibubur ini merupakan langkah strategis pelayanan publik air bersih yang dilakukan perusahaan daerah ini.

PDAM akan membangun jalur air bersih sepanjang kurang lebih 700 meter, mulai dari perempatan Jl. Raya Kranggan hingga lokasi The MAJ Residences Cibubur dengan kapasitas 100 liter/detik, sedangkan kebutuhan Apartemen The MAJ Residences Cibubur hanya sekitar 21 liter/detik.

“Nah, kelebihan debit air bersih ini kami berharap bisa dimanfaatkan bagi  masyarakat umum dan pelaku bisnis [area komersial] di sekitar jaringan pipa PDAM baru ini. Rencana pengerjaan akan dimulai pada Mei tahun ini dan berlangsung sekitar 2 bulan,” ujar Solihat seusai acara penandatanganan perjanjian tersebut seperti dikutip melalui siaran pers PT Amarta Gemilang Indotopaz, Rabu (23/3/2022)

Air bersih ini berasal dari tempat pengolahan air (water treatment plant/WTP) Jatisari Bekasi yang pembangunannya dilakukan dalam dua tahap sehingga total berkapasitas 200 liter/detik. Saat ini sudah terbangun tahap satu (existing) berkapasitas 100 liter/detik dan terdistribusi air bersih ke masyarakat sebanyak 50 liter/detik dan masih ada sisa kapasitas air distribusi 50 liter/detik.

“Rencana pembangunan tahap dua nanti dengan kapasitas 100 liter/detik akan menambah kapasitas air bersih untuk didistribusikan sehingga nanti total ada ketersediaan sebesar 150 liter/detik. Inilah yang dapat dipakai masyarakat sekitar yang dilalui jaringan pipa baru,” katanya.

Solihat menjelaskan bahwa kerja sama pelayanan air bersih ini bertujuan merealisasikan program pelayanan pelanggan baru. Program ini adalah wujud komitmen PDAM untuk memperluas layanan air bersih kepada masyarakat di Kota Bekasi dan area Cibubur khususnya.

Kerja sama pelayanan air bersih dengan Apartemen The MAJ Residences Cibubur ini merupakan terobosan dalam layanan air bersih secara kolektif dengan potensi 10.000 pelanggan, termasuk fasilitas terpadu dengan area komersial (ruko), fasilitas sosial, fasilitas umum, dan lain sebagainya. 

Sementara itu, Michael Umboh mengatakan bahwa keputusan pihaknya menjalin kerja sama dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi adalah untuk memastikan ketersediaan air bersih bagi seluruh penghuni dan penyewa di kawasan Apartemen The MAJ Residences Cibubur. 

“Di samping itu, keputusan ini juga sejalan dengan peraturan pemerintah untuk tidak menggunakan air tanah karena dikhawatirkan terjadi penurunan permukaan tanah. Kami peduli dengan kelestarian lingkungan hidup. Untuk itulah, kami kerja sama dengan PDAM Tirta Patriot Bekasi,” kata Michael.

Dia juga berharap supaya dengan tersedianya jaringan PDAM ke proyek apartemen The MAJ Residences Cibubur, masyarakat di sekitar juga dapat turut mengakses jaringan yang sudah dibangun oleh PDAM itu karena selama ini jaringan pipa air bersih PDAM memang belum tersedia.

Selain kerja sama dengan PDAM, The MAJ Residences Cibubur juga berencana melakukan penandatanganan kerja sama dengan satu universitas ternama. Sejak awal pengembangan, The MAJ Residences Cibubur sudah memiliki rencana akan adanya perguruan tinggi (universitas) di kawasan ini. 

The MAJ Residences Cibubur menawarkan unit apartemen Tower Mahesa dengan harga mulai di Rp370-an juta. Terdapat tipe studio dengan ukuran mulai 22,4 m2 dan selebihnya adalah tipe dua kamar tidur dengan ukuran mulai 44,6 m2. 

Selain itu, developer juga menyediakan tipe fleksibel dengan opsi modular menjadi tiga kamar tidur atau sesuai dengan kebutuhan konsumen. Harga perdana yang ditawarkan juga masih sangat menarik. 

Lokasi The MAJ Residences Cibubur berada di kawasan bisnis Cibubur (Jalan Alternatif Cibubur KM 2) yang dikembangkan di lahan 1,9 hektare dan akan dibangun tiga menara apartemen 33 lantai yang dikembangkan dalam dua fase.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cibubur air bersih proyek apartemen
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

To top