Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow! Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Sediakan Lajur Khusus Roda 2

Jalan tol Gilimanuk-Mengwi di Pulau Bali akan menyediakan lajur khusus roda dua sepanjang 40 km.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 09 Maret 2022  |  06:42 WIB
Wow! Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Sediakan Lajur Khusus Roda 2
Layar menampilkan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR Danang Parikesit memberikan keynote speech saat diskusi secara virtual di Jakarta, Rabu (8/12/2021). Bisnis - Abdurachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan tol Gilimanuk-Mengwi yang akan menjadi jalan tol terpanjang di Pulau Bali akan menyediakan lajur khusus roda dua.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danang Parikesit mengatakan jalan tol Gilimanuk-Mengwi memiliki panjang 96,84 kilometer (KM) yang terdiri atas 3 seksi yakni Seksi 1 Gilimanuk-Pekutatan sepanjang 54,7 km, Seksi 2 Pekutatan-Soka sepanjang 23,17 km dan Seksi 3 Soka-Mengwi 18,9 km.

Danang menjelaskan nantinya lajur khusus pengguna roda dua akan disediakan mulai dari Seksi 2 sampai dengan Seksi 3 dengan panjang 40 km.

"Lajur khusus untuk pengguna roda dua pada simpang susun Pekutatan-Mengwi 40 km dengan kecepatan 40 km per jam," ujarnya dalam acara Penandatanganan Perjanjian Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk - Mengwi, Selasa (8/3/2022).

Danang menuturkan, selain lajur khusus roda dua, jalan tol tersebut akan dilengkapi dengan delapan tempat istirahat yang terdiri atas empat rest area tipe A dan empat rest area tipe B.

Proyek yang termasuk sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional tersebut akan mulai dibangun pada Juni 2022 dan ditargetkan selesai dan dioperasikan pada November 2024.

"Masa konsesi 50 tahun terhitung sejak surat perintah mulai kerja dengan investasi Rp24,6 triliun dan perkiraan IRR 11,46 persen. Proyek ini dilakukan BUJT yang dibentuk konsorium PT Tol Jagat Kerthi Bali," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepeda motor jalan tol bpjt
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top