Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil ACN Aero Teknik, Investor Bengkel Pesawat di Kertajati

ACN Aero Teknik, yang merupakan anak usaha Asia Cargo Network. Tak main –main ACN akan membenamkan investasi di bandara berkode KJT senilai US$10 juta.
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman
Petugas melakukan rutinitas pemeriksaan di selasar Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Rabu (24/6/2020). Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Bandara Kertajati di Majalengka Jawa Barat telah mendapat investor untuk mendanai pembangunan Kertajati Aircraft Maintenance dan menjadikannya sebagai pusat pemeliharaan pesawat (Maintenance Repair Overhaul/MRO) pertama di kawasan tersebut.

Investor tersebut adalah ACN Aero Teknik, yang merupakan anak usaha Asia Cargo Network. Tak main –main ACN akan membenamkan investasi di bandara berkode KJT senilai US$10 juta. Mengutip dari keterangan resminya, Jumat (4/3/2022), ACN Asia Cargo Network (ACN) adalah perusahaan layanan charter kargo udara di Asia Tenggara dengan kehadiran regional yang berkembang di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

ACN menawarkan layanan pesawat kargo, penyewaan pesawat, layanan terkait penerbangan, dan layanan logistik kargo udara terintegrasi untuk platform e-commerce, perusahaan kurir terkenal di dunia, serta perusahaan pos dan penjelajah sumber daya alam, perusahaan pengeboran minyak, maskapai penerbangan, pengirim barang dan pengirim dari seluruh dunia.

Grup ini didirikan di Malaysia pada 2015 dan terdiri dari perusahaan lain termasuk World Cargo Airlines yang sebelumnya dikenal sebagai POS Asia Cargo Express, sebuah perusahaan pengangkut kargo Malaysia. Asia Cargo Airlines sebelumnya dikenal sebagai TRI-MG Airlines, sebuah maskapai kargo Indonesia, dan Aero Speed Aviation, perusahaan logistik terintegrasi yang berbasis di Singapura.

Sebelum masuk sebagai investor membangun bengkel pesawat, telah lebih dulu menjalin koneksi di Kertajati lewat penerbangan kargo perdana. Hal itu dilakukan setelah hampir dua tahun operasi Bandara KJT ditutup karena pandemi Covid-19. ACN memulai penerbangan kargo pertamanya dengan maskapai Asia Cargo Airlines menuju bandara Syarif Kasim II di Riau dengan muatan 12 ton pada akhir Desember 2021.

Untuk rute pertama ini, Asia Cargo Airlines awalnya akan mengangkut 15-16 ton pada satu penerbangan per hari, selama lima hari dalam seminggu. Dalam beberapa minggu mendatang, maskapai berencana untuk melipatgandakan jumlah penerbangannya pada pertengahan Januari 2022. Maskapai ini juga sedang dalam proses mengamankan lebih banyak operasi penerbangan di dalam negeri sebelum memperluas jangkauannya secara internasional.

ACN pun menangkap sinyal untuk mengubah bandara Kertajati menjadi pusat logistik Indonesia. Bahkan dalam keterangan persnya, CEO ACN Marco Isaak juga menjanjikan untuk berinvestasi di Bandara Kertajati.

Terkait kerja sama lebih lanjut, Ketua MPR/RI Bambang Soesatyo, juga mengungkapkan rencana kemitraan dengan Blackstone Airlines. Blackstones merupakan anak usaha terbaru dari Asia Cargo Network Group. Kemitraan ini akan difokuskan pada peluncuran kargo pada Februari 2022, dan penerbangan umrah dan haji ke Arab Saudi pada akhir 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Kahfi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper