Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gas Mahal, Industri Kertas Bertahan dengan Batu Bara

Bahan bakar industri kertas saat ini masih didominasi batu bara, salah satunya karena belum masuk sektor industri penerima harga gas bumi tertentu (HGBT).
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 02 Maret 2022  |  16:21 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah kenaikan bahan bakar energi industri terutama gas bumi, industri pulp dan kertas masih bertahan dengan batu bara.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) Liana Bratasida mengatakan bahan bakar industri kertas saat ini masih didominasi batu bara, salah satunya karena belum masuk sektor industri penerima harga gas bumi tertentu (HGBT).

"Sektor industri pulp dan kertas belum masuk dalam daftar HGBT, sehingga harga gas yang diterima masih mahal dan juga infrastrukturnya belum tersedia," kata Liana saat dihubungi, Rabu (2/3/2022).

Namun, seperti diketahui, batu bara juga tak lepas dari kenaikan harga yang meroket sejak tahun lalu. Selain itu, Liana mengatakan, pelaku usaha juga terbebani harga-harga bahan baku yang naik ekspansif dan ongkos pengapalan yang belum mereda karena kelangkaan kontainer.

Tahun ini, Liana menargetkan pertumbuhan industri hanya berada di kisaran 2 persen, terutama karena tekanan-tekanan tersebut. Mendukung pertumbuhan dan pemulihan industri di tengah faktor tekanan eksternal, Liana mengatakan mengatakan perlu ada insentif dan kebijakan yang kondusif.

"Kami harapkan tetap bsa berperan dan berkontribusi terhadap PDB dan ekspor," ujarnya.

Sebelumnya, industri pulp dan kertas diusulkan menjadi salah satu dari 13 sektor tambahan penerima HGBT. Selain pulp dan kertas, industri lain yang diusulkan yakni ban, makanan dan minuman, logam, permesinan, otomotif, karet remah, refraktori, elektronika, plastik fleksibel, farmasi, semen, dan asam amino.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

batu bara Harga Gas industri kertas
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top