Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PPKM Level 3, KAI Commuter Operasikan 1.005 Perjalanan KRL

KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL dalam kondisi PPKM Level 3.
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - KAI Commuter menegaskan tetap menerapkan protokol kesehatan kepada seluruh penumpang selama penerapan PPKM level 3 hingga pekan ini.

VP Corporate Secretary Anne Purba mengatakan KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL mulai pukul 04.00-22.00 WIB, meskipun PPKM level 3 sedang diterapkan. Oleh sebab itu, protokol kesehatan dan penegakannya tetap dilaksanakan.

Anne menyebut lebih dari 4.000 petugas frontliner KAI Commuter baik di stasiun maupun di dalam KRL terus mengingatkan pengguna untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Para pengguna juga wajib menunjukkan sertifikat vaksin sebelum naik KRL, menggunakan masker ganda atau sesuai ketentuan, serta menjaga jarak baik di stasiun maupun di dalam KRL.

"Untuk mencegah penularan virus, petugas dengan tegas akan melarang pengguna masuk area stasiun apabila tidak menerapkan protokol kesehatan," katanya dalam siaran pers, Minggu (20/2/2022).

Petugas kebersihan di stasiun (On Station Cleaning) juga secara rutin membersihkan lokasi yang sering disinggahi pengguna. Selain itu, petugas kebersihan di dalam KRL (On Trip Cleaning) dengan rutin membersihkan area yang banyak disentuh pengguna sehingga kebersihan tetap terjaga.

Anne menegaskan sejumlah aturan lainnya juga tetap berlaku dan diterapkan oleh petugas KAI Commuter. Beberapa di antaranya seperti pelarangan anak balita untuk naik KRL kecuali guna keperluan medis, dan pembatasan waktu bagi lansia untuk naik KRL di luar pukul 10.00-14.00 WIB.

Menurut data yang tercatat, rata-rata volume pengguna harian adalah sebesar 366.180 penguna perharinya, selama Februari 2022. Sementara itu, volume rata-rata pengguna pada hari kerja sebesar 398.530 pengguna.

"Sementara volume rata-rata pengguna pada hari Sabtu dan Minggu yaitu sebesar 296.088 pengguna. Jumlah ini relatif stabil selama pemberlakuan PPKM Level 3 di Jakarta dan sekitarnya," jelas Anne.

Mobilitas pengguna KRL masih terfokus di jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00-08.00 WIB dan jam sibuk sore yaitu pukul 16.00-18.00 WIB. Anne mengatakan Senin juga masih menjadi hari dengan volume pengguna tertinggi setiap pekannya.

Untuk itu, KAI Commuter mengimbau para pengguna dapat mengatur waktu perjalanannya. Pengguna dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini untuk dapat kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja

Pengguna juga dapat merencanakan perjalanan dengan aplikasi KRL Access. Tersedia 309 perjalanan di jam sibuk pagi dan 241 perjalanan di jam sibuk sore. Di luar waktu tersebut, Anne mengatakan perjalanan KRL cenderung sepi.

KAI Commuter juga mengajak pengguna mengatur waktu perjalanan dengan aplikasi KRL Access agar terhindar dari potensi kepadatan di stasiun maupun di dalam KRL. Selain itu, KAI Commuter meminta pengguna untuk menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik bank demi mengurangi penggunaan uang tunai dan mendukung upaya pemerintah dalam penerapan cashless society.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper