Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jakarta PPKM Level 3, KAI Commuter: Pengguna KRL 366.180 Penumpang

Jadwal operasional KRL selama penerapan PPKM Level 3 di Jakarta dimulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB.
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan
Sejumlah penumpang KRL Commuter Line tiba di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Senin (3/1/2022). ANTARA FOTO/Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA - PT KAI Commuter mencatat rata-rata volume pengguna harian KRL Commuter Line selama Februari 2022 adalah sebesar 366.180 pengguna setiap harinya.

Pada hari kerja, volume rata-rata pengguna KRL Commuter Line tercatat lebih besar yakni 398.530 pengguna. Volume tersebut lebih tinggi dari yang tercatat pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu yaitu 296.088 pengguna.

"Jumlah ini relatif stabil selama pemberlakuan PPKM Level 3 di Jakarta dan sekitarnya," jelas VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, seperti dikutip dari siaran resmi, Minggu (20/2/2022).

Anne pun menyampaikan bahwa mobilitas pengguna KRL masih terfokus pada jam sibuk pagi yaitu pukul 06.00-08.00 WIB, dan jam sibuk sore yaitu pukul 16.00-18.00 WIB.

Dia lalu menambahkan bahwa Senin juga masih menjadi hari dengan volume pengguna tertinggi setiap pekannya. Untuk itu, dia mengimbau para pengguna agar dapat mengatur waktu perjalanannya. Pengguna dapat menggunakan KRL pada akhir pekan ini untuk dapat kembali ke lokasi aktivitasnya di hari-hari kerja.

Di sisi lain, PPKM level 3 masih diterapkan di wilayah Jabodetabek sejak akhir Januari 2022 hingga saat ini. Kendati demikian, KAI Commuter tetap mengoperasikan 1.005 perjalanan KRL mulai pukul 04.00-22.00 WIB.

Sebagai konsekuensinya, lebih dari 4.000 petugas frontliner KAI Commuter baik di stasiun maupun di dalam KRL senantiasa dikerahkan untuk mengingatkan pengguna dalam kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan. Para pengguna KRL diminta untuk menunjukkan sertifikat vaksin sebelum naik KRL, menggunakan masker ganda atau masker yang sesuai ketentuan, serta menjaga jarak baik di stasiun maupun di dalam KRL.

"Untuk mencegah penularan virus, petugas dengan tegas akan melarang pengguna masuk area stasiun apabila tidak menerapkan protokol kesehatan," kata Anne.

Petugas kebersihan di stasiun (On Station Cleaning) juga secara rutin membersihkan lokasi yang sering disinggahi pengguna. Kemudian, petugas kebersihan di dalam KRL (On Trip Cleaning) dengan rutin membersihkan area yang banyak disentuh pengguna sehingga kebersihan tetap terjaga.

Sejumlah aturan lainnya juga tetap berlaku dan diterapkan oleh petugas KAI Commuter. Contohnya, pelarangan anak balita untuk naik KRL kecuali untuk keperluan medis serta pembatasan waktu bagi lansia untuk naik KRL di luar pukul 10.00-14.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dany Saputra
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper