Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Operasikan Kereta Bertenaga Hidrogen pada 2030

Pembangunan kereta bertenaga hidrogen atau Hybari yang merupakan gabungan dari kata hybrid dan bersenang-senang dalam bahasa Jepang ini menelan biaya 4 miliar yen atau US$35 juta.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 21 Februari 2022  |  15:52 WIB
East Japan Railway melakukan uji coba kereta bertenaga hidrogen Hybari yang merupakan gabungan dari kata hybrid dan bersenang-senang dalam bahasa Jepang -  The Japan Times
East Japan Railway melakukan uji coba kereta bertenaga hidrogen Hybari yang merupakan gabungan dari kata hybrid dan bersenang-senang dalam bahasa Jepang - The Japan Times

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan kereta terbesar Jepang, East Japan Railway Co., akan segera menguji coba kereta dengan tenaga hidrogen pertama pada bulan depan. Rencananya, kereta ini akan beroperasi secara komersil pada 2030.

Dilansir Bloomberg pada Senin (21/2/2022), kereta Hybari yang merupakan gabungan dari kata hybrid dan bersenang-senang dalam bahasa Jepang ini menelan biaya 4 miliar yen atau US$35 juta.

Kereta ramah lingkungan ini bisa berjalan hingga 140 kilometer dengan kecepatan 100 kilometer per jam dalam sekali pengisian hidrogen.

East Japan Railway mengembangkan kereta ini bersama Hitachi Ltd. dan memiliki ambisi besar untuk menggantikan kendaraan diesel. Perusahaan juga akan mencari potensi pasar ekspor.

Inovasi pembuatan kereta bertenanga hidrogen ini sejalan dengan target bebas emisi pada 2050. Pemerintah Jepang telah mengatakan akan meningkatkan penggunaan hidrogen hingga 20 juta ton pada 2050.

Perusahaan lain seperti Toyota juga menargetkan peningkatan sepuluh kali lipat dalam produksi mobil Mirai yang berbahan bakar hidrogen dengan model generasi kedua.

Sementara itu, perusahaan energi seperti Iwatani Corp. dan Kawasaki Heavy Industries Ltd., sedang membangun rantai pasok hidrogen agar harganya bisa bersaing.

Eropa telah menjadi pelopor dalam kereta api hidrogen, yang dipimpin oleh Jerman setelah meluncurkan proyek perdananya dengan bantuan Alstom SA pada 2018.

Siemens AG dan Deutsche Bahn AG sedang mengembangkan kereta regional baru dan stasiun pengisian bahan bakar khusus dan akan mengujinya pada 2024.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang kereta api kereta Hidrogen

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top