Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunci Utama Penciptaan Lapangan Kerja, Ekonom Senior: Dorong Investasi Kecil dan Menengah

Upaya mendorong investasi skala kecil ini bisa dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan.
Ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini/Bisnis
Ekonom CORE Indonesia Hendri Saparini/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Investasi menjadi sumber pertumbuhan utama nomor dua setelah konsumsi di Indonesia. Dengan demikian, pemerintah Indonesia perlu terus mendorong investasi skala kecil menengah sebagai upaya menciptakan lapangan pekerjaan.

Ekonom Senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Hendri Saparini menilai hal ini bisa dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

"Harus kita lakukan karena kita ingin exit strategy yang harus inklusif dan berkelanjutan adalah mendorong investasi skala kecil menengah. Kita sering lupa karena ini adalah upaya kita untuk create lapangan pekerjaan yang besar," kata Hendri dalam G20 Finance Track Side Events, Kamis (17/2/2022).

Dia mengatakan, Indonesia membutuhkan ide masif investasi di banyak daerah karena menurutnya hanya itu yang bisa dilakukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan juga mendorong konsumsi lebih besar lagi sehingga ada daya dorong yang lebih besar.

Di Indonesia sendiri, jumlah entrepreneur masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar seperti China dan India dimana jumlah entrepreneur 11-12 persen dari jumlah penduduk. Sementara di Indonesia, untuk menuju 4 persen saja baru akan direncanakan di 2024 oleh pemerintah.

"Peluang kita adalah karena kita dalam kondisi emas, bonus demografi dengan penetrasi internet yang luar biasa. Nah inilah kesempatan kita, kita perlu adanya masukan-masukan strategi kebijakan untuk mendorong tadi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper