Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang MotoGP: 8 Rute Domestik Terkoneksi ke Mandalika, Cek Rutenya

Ada 8 rute penerbangan domestik, rute tersebut total ada sebanyak 47 frekuensi penerbangan ke Lombok per harinya.
AirAsia Indonesia menjadikan Lombok sebagai salah satu hub./Bisnis-Eka Chandra Septarini
AirAsia Indonesia menjadikan Lombok sebagai salah satu hub./Bisnis-Eka Chandra Septarini

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mengkalkulasikan terdapat 8 rute penerbangan domestik yang menghubungkan secara langsung penumpang menuju lokasi ajang balap MotoGP di Lombok.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto memaparkan konektivitas rute domestik tersebut telah disesuaikan dengan kapasitas kursi yang tersedia. Dia memerinci sejumlah delapan rute tersebut terdiri atas Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bima, Sumbawa, Makassar, Yogyakarta, dan Labuan Bajo.

Dari delapan rute tersebut total ada sebanyak 47 frekuensi penerbangan ke Lombok per harinya. Ketersediaan kursi penerbangan selama event MotoGP (12 Maret 2022-20 Maret 2022) untuk penerbangan reguler sebesar 59.920 dan penerbangan tambahan atau sewa sebanyak 11.383 penumpang.

Sejumlah maskapai yang bakal melayani adalah Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, AirAsia, serta SuperAirJet.

“Rute tersebut telah kami siapkan dengan koneksi yang baik dan kapasitas yang mencukupi. Kalau ini dirasa kurang, kami buat semacam air shuttle khususnya dari Bali ke Lombok. Kami koordinasi dengan operator penerbangan semuanya akan mendukung,” ujarnya, Rabu (16/2/2022).

Pemerintah menyediakan air shuttle dari tiga titik yakni Jakarta, Surabaya, dan Bali menuju ke Lombok. Khusus air shuttle untuk Bali menuju Lombok hanya memakan waktu selama 45 menit apabila menggunakan pesawat propeller dan hanya 30 menit apabila menggunakan pesawat Jet.

Novie pun berharap keberadaan air shuttle ini dapat menambah kapasitas dan menjadi solusi karena kurangnya ketersediaan penginapan di Lombok. Dia memprediksikan sebagian besar penonton juga akan tinggal di Bali. Selain itu, penumpang dari Bandara Lombok juga sudah disiapkan bus menuju ke sirkuit Mandalika.

“Kalau dibutuhkan air shuttle kapasitasnya bisa mengangkut 15.000 penumpang per hari. Kami akan menggerakkan wide body dan narrow body dari Lombok ke bali. Ini solusi keterbatasan jumlah penginapan dari Lombok,” imbuhnya.

Tak hanya penerbangan reguler bagi penumpang, pemerintah juga menyiagakan helikopter dan rute penerbangan bagi kepolisian, penyelenggara acara, hingga akses ke pusat medis. Pergerakan helikopter tersebut dari Sirkuit MotoGP Mandalika ke semua area strategis di Lombok dan Bali.

“Juga sudah disiapkan rute penerbangan helikopter apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan seperti kecelakaan sehingga evakuasi efisien. Rute dihubungkan dengan titik ke RS kalau ada penanganan lebih berat bisa dibawa ke RS lebih besar di Bali,” tekannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper