Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Syarat dan Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 23 

Berikut Syarat dan Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 23. Login situs www.prakerja.go.id
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id
Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id / Tangkapan layar prakerja.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Program Kartu Prakerja gelombang 23 bakal diumumkan dalam waktu dekat. Simak syarat dan cara daftar Kartu Prakerja. 

Hal tersebut sempat disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Konferensi Pers Penutupan Seri Program Kartu Prakerja Tahun 2021 pada Desember 2021. 

"Gelombang 23 akan dibahas dan diputuskan ke dalam rapat komite dalam waktu dekat dan jumlah pesertanya nanti sekitar 3-4,5 juta secara total. Pendaftaran tetap melalui www.prakerja.go.id dan tentunya di sekitar awal atau akhir Februari 2022 kami akan umumkan kapan gelombang 23 akan dimulai," kata Airlangga, dikutip Rabu (16/2/2022).

Meskipun belum diumumkan tanggal pastinya, calon peserta sudah bisa membuat akun di situs resmi Kartu Prakerja pada awal Januari lalu.

Seperti diketahuii, Kartu Prakerja menjadi salah satu program andalan untuk pemulihan ekonomi nasional dan sejak awal pandemi Covid-19. Nah, sambil menunggu pembukaan gelombang 23, Anda bisa mulai membuat akun Kartu Prakerja melalui situs www.prakerja.go.id.

Berikut Syarat dan Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 23

Syarat Program Kartu Prakerja Gelombang 23

1. Warga Negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal
3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil
4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19
5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD
6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja

Cara Daftar Program Kartu Prakerja Gelombang 23

1. Buka www.prakerja.go.id, siapkan email, NIK, nomor KK dan nomor HP aktif untuk mendaftar
2. Klik 'Daftar Sekarang'
3. Pada form pendaftaran, silahkan mengisi alamat email, password dan ulangi password. Setelah itu klik kolom 'Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku'. Lalu, klik 'Daftar'
4. Verifikasi email Prakerja melalui akun email Anda
5. Pada tahap pertama, Anda akan diminta untuk verifikasi KTP dan KK serta tanggal lahir Anda. Jika e-KTP Anda tidak terdaftar atau tidak sesuai dengan data yang ada di Dukcapil, Anda bisa menghubungi Dukcapil di [email protected].
6. Setelah berhasil pada tahap verifikasi KTP dan KK, Anda akan diminta untuk mengisi data diri, mulai dari nama lengkap, jenis kelamin, mengisi nama ibu kandung, status perkawinan, status pekerjaan, pendidikan teratas, jumlah tanggungan keluarga dan topik pelatihan yang diminati. Selain itu, Anda juga akan diminta untuk mengisi alamat dan mengunggah file KTP.
7. Tahap selanjutnya, Anda akan diminta untuk verifikasi nomor handphone. Pastikan nomor hp yang Anda daftarkan sama dengan nomor hp yang terdaftar dengan rekening/e-wallet. Kemudian, masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor hp Anda.
8. Nantinya Anda akan diminta untuk memilih beberapa pernyataan.
9. Jika proses pendaftaran sudah selesai, Anda kemudian akan diarahkan untuk melakukan tes motivasi dan kemampuan dasar untuk bisa mengikuti seleksi gelombang dan tunggu pengumuman hasilnya.

Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper