Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mahendra Siregar, Satu-satunya Wamen Jokowi yang Masuk Bursa Calon DK OJK

Mahendra Siregar lolos seleksi administrasi pada pemilihan calon anggota Dewan Komisioner OJK bersama 154 partisipan lainnya.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 31 Januari 2022  |  10:56 WIB
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar masuk ke dalam bursa anggota Dewan Komisioner Otoritas jasa Keuangan (DK OJK). Pejabat Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu menjadi satu-satunya partisipan yang menjabat wakil menteri.

Panitia Seleksi Pemilihan Calon Anggota DK OJK telah mengumumkan hasil seleksi administrasi pada Senin (31/1/2022). Terdapat 155 partisipan yang lolos dalam tahap pertama ini, salah satunya adalah Wamenlu Mahendra Siregar.

Mahendra memang memiliki rekam jejak di bidang perekonomian setelah bergabung dengan Kementerian Luar Negeri pertama kali pada 1986.

Dia pernah bertugas sebagai Economic Third Secretary di Kedutaan Besar RI London selama 3 tahun hingga 1995.

Mahendra bergabung dengan Kementerian Koordinator Perekonomian pada 2001. Dia juga pernah dipoercaya menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro-Jakti.

Setelah menyelesaikan S2 jurusan ekonomi di Universitas Monash Australia, dia menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005 - 2009.

Mahendra juga pernah berkarir di dunia perbankan dengan menjabat sebagai Ketua Dewan Direktur merangkap Direktur Eksekutif Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank pada 2009.

Adapun jabatan di korporasi lainnya, seperti di PT Drigantara Indonesia (2003 - 2008) dan PT Aneka Tambang (2009 - 2009) sebagai komisaris.

Setelah itu, dia kembali ke kursi pemerintahan dengan mandat sebagai Wakil Menteri Perdagangan mendampingi Menteri Mari Elka Pangestu pada 2009 dan Wakil Menteri Keuangan di era Menteri Agus Martowardojo pada 2011 - 2013.

Pada 2018, Mahendra ditunjuk oleh Presiden untuk menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat. Tak genap setahun, dia kembali ke Indonesia setelah diamanahi jabatan Wakil Menteri Luar Negeri mendampingi Menteri Retno Marsudi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahendra siregar Pansel Calon DK OJK
Editor : Hendri T. Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top