Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol Cisumdawu Beroperasi Penuh Juni 2021, Bandara Kertajati Tak Sepi Lagi?

Bandara Kertajati semakin optimal dalam melayani penumpang pesawat usai Tol Cisumdawu beroperasi penuh pada Juni 2022.
Anitana Widya Puspa
Anitana Widya Puspa - Bisnis.com 24 Januari 2022  |  13:34 WIB
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara
Suasana di ruang tunggu penumpang Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati memperkirakan dapat kembali melayani penumpang pesawat setelah jalan Tol Cisumdawu beroperasi penuh pada Juni 2022.

VP of Commercial & Technical BIJB Ari Widodo menuturkan saat ini layanan penerbangan pesawat jet di Bandara Kertajati masih dialihkan di Bandara Hussein Sastranegara di Bandung. Namun, ada kemungkinan Bandara Kertajati dapat kembali melayani pesawat jet setelah aksel tol Cisumdawu rampung pada pertengahan tahun ini.

"Kemungkinan pemerintah akan memindahkann kembali penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung ke Kertajati menunggu akses tol Cisumdawu beroperasi Juni 2022," ujarnya, Senin (24/1/2022).

Setelah beroperasinya bandara Kertajati, pada 1 Juli 2019 seluruh operasional penerbangan domestik dengan pesawat jet di Bandara Internasional Husein Sastranegara dialihkan ke bandara Kertajati. Ari menyebut Bandara Kertajati telah melayani total 16 rute lepas landas dan mendarat per harinya. Total tercatat ada sebanyak 4.000 penumpang per hari.

Namun, jumlah penumpang tersebut mengalami penurunan pada akhir 2019. Puncaknya pada April 2020 tidak ada pergerakan penerbangan dan penumpang di bandara tersebut.

Oleh karena itu, pemerintah mulai 20 Agustus 2020 mengalihkan penerbangan maskapai berjadwal rute domestik jenis jet ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Ari menyebut kendala besar yang berimbas kepada sepinya penumpang adalah jarak yang jauh dan akses transportasi yang cukup mahal ke bandara Kertajati. Saat ini, untuk menuju bandara Kertajati harus ditemouh lewat perjalanan darat selama dua sampai 3 jam lebih. Namun, lanjutnya, apabila nantinya tol Cisumdawu beroperasi penuh, jarak yang ditempuh penumpang dapat dipangkas hingga menjadi 45 menit saja. Tentunya juga dengan tarif yang relatif terjangkau.

Pada tahap awal perpindahan kembali tersebut, BIJB juga akan secara perlahan membuka rute-rute yang gemuk.

"Kalau tol Cisumdawu beroperasi. Jumlah penumpang bisa di kisaran sebelumnya yakni 4.000 per hari. Namun karena masih pandemi mungkin sekitar 1.500 penumpang per hari," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil mengatakan Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu) akan beroperasi penuh pada Juni 2022.

"Jadi nanti tidak ada alasan lagi Bandara Kertajati sepi. Karena adanya tol ini, Bandung-Bandara Kertajati sudah tersambung," ujarnya.

Adapul tol Cisumdawu seksi seksi 1 Cileunyi-Rancakalong sepanjang 11,45 kilometer (km) beroperasi pada hari ini, Senin (24/1/2022).

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Tol Cisumdawu Seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) untuk menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Tol Cisumdawu Seksi 3-6 dibangun oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKertajati) dengan nilai investasi Rp8,41 triliun

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara bandara kertajati
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top