Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Beli Surat Utang Pemerintah ORI021 di e-SBN

Bila Anda ingin membeli surat utang pemerintah ORI021, maka caranya sangat mudah. Simak langkah di bawah ini.
Pemerintah menyediakan kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi membeli surat utang berharga atau obligasi Ritel Indonesia/Istimewa
Pemerintah menyediakan kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi membeli surat utang berharga atau obligasi Ritel Indonesia/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah kembali menawarkan salah satu instrumen surat berharga negara (SBN), yaitu obligasi negara ritel atau ORI mulai hari ini, Senin 24 Januari 2022. 

Tahun ini, pemerintah menawarkan surat tersebut dengan seri ORI021. Hal ini dilakukan pemerintah dalam rangka alternatif investasi yang aman, mudah, terjangkau, dan menguntungkan. 

Individu atau perorangan yang termasuk warga negara Indonesia (WNI)  dapat membeli surat ini melalui Mitra Distribusi di Pasar Perdana. Kupon yang ditawarkan sebesar 4,90 persen per tahun dengan tenor 3 tahun atau hingga 2025. 

Melalui ORI021, Pemerintah ingin mengajak publik untuk terlibat dalam program pemulihan ekonomi dan pembangunan nasional dan bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19.

Melansir dari laman resmi kemenkeu.go.id, seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan ORI021 akan dimanfaatkan untuk pembiayaan APBN 2021. Biaya tersebut upaya penanganan dan pemulihan dampak pandemi Covid-19.

Pembelian ORI21 (seri ORI ke-21) dengan mudah secara online melalui e-SBN. Berikut langkah membelinya:

  1. Registrasi 

Registrasi dapat dilakukan setiap saat bahkan sebelum masa penawaran SBN Ritel dibuka. Calon Investor dapat mendaftarkan diri pada sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi (midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (single investor identification), nomor Rekening Dana dan nomor rekening surat berharga.

Bagi Calon Investor yang belum memiliki nomor SID, Rekening Dana, dan/atau Rekening Surat Berharga, dapat menghubungi Midis.

  1. Pemesanan 

Setelah registrasi berhasil, calon investor melakukan pemesanan ORI021 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi. Pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran ORI020.

  1. Pembayaran 

Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui email/sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui bank persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking)/ Pos/ Lembaga Persepsi Lainnya dalam batas waktu yang ditentukan.

  1. Konfirmasi

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (nomor transaksi penerimaan negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi ORI021 pada tanggal setelmen/penerbitan. Setelah setelmen, investor dapat meminta bukti konfirmasi kepemilikan ORI021 kepada mitra distribusi. 

Anda dapat memilih mitra distribusi yang sesuai dengan keinginan Anda. Setidaknya terdapat 28 mitra distribusi yang terdiri dari bank umum, perusahaan efek, dan fintech.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper