Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahan Baku Mahal, Produksi Olahan Daging Bakal Terkoreksi Tahun Ini

Tingginya harga bahan baku yang menekan produsen olahan daging pada awal tahun ini berpotensi memangkas produksi.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 18 Januari 2022  |  14:45 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Mahalnya harga bahan baku menghimpit produsen olahan daging pada awal tahun ini. Produksi yang awalnya diperkirakan meningkat hingga 8 persen pada 2022, diramal terkoreksi 1-2 persen karena tekanan harga bahan baku.

National Meat Producer Association (Nampa) mencatat dalam dua bulan terakhir terjadi kenaikan harga ayam hidup yang awalnya di kisaran Rp19.000 hingga Rp20.000 per kg, kini menjadi Rp25.000 hingga Rp27.000. Harga daging sapi dan kerbau impor juga melambung karena pasokan yang terbatas dari negara asal.

Ketua Umum Nampa Ishana Mahisa mengatakan beberapa pelaku usaha sudah mulai melakukan penurunan produksi karena keterbatasan pasokan bahan baku dan tingginya harga. "Kontraksi [produksi] mungkin sekitar 1 persen hingga 2 persen," kata Ishana kepada Bisnis, Selasa (18/1/2022).

Selain itu, sebagian pengusaha juga telah melakukan penyesuaian harga yang berakibat penurunan permintaan karena sebagian besar pasar makanan beku merupakan konsumen yang sensitif terhadap kenaikan harga.

Adapun, untuk perusahaan integrator dan memiliki industri hulu seperti peternakan ayam, pertumbuhan produksi bisa di kisaran 8 persen pada tahun ini.

"Namun bila tidak, kisaran 5 persen hingga 6 persen sudah bagus di tengah keterbatasan bahan baku dan kenaikan harga yang luar biasa," ujarnya.

Sebelumnya, tekanan lonjakan harga bahan baku juga dialami pengusaha tahu dan tempe. Gabungan Koperasi Produsen Tempe-Tahu Indonesia (Gakoptindo) memprediksi volume produksi akan terpangsa antara 10 persen hingga 20 persen pada tahun ini.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

harga daging pengolahan daging bahan baku daging ayam
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top